Kemenag Ajak Umat Cek Arah Kiblat Saat Matahari Di Atas Kakbah

Wikimedan.com, Jakarta – Kemenag Ajak Umat Cek Arah Kiblat Saat Matahari Di Atas Kakbah. Matahari akan tepat berada di atas Kakbah pada Minggu 16 Juli pukul 16.27 WIB. Kementerian Agama (Kemenag) pun mengajak umat Islam mengecek kembali arah kiblat pada waktu tersebut.

“Diberitahukan kepada umat muslim di seluruh Indonesia, berdasarkan data astronomi bahwa pada Ahad 16 Juli 2017 pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA, matahari melintas tepat di atas Kakbah,” kata Direktur Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah Muhammad Tambrin, Sabtu (15/7/2017).

Dengan posisi matahari di atas Kakbah, jelas dia, bayang-bayang suatu benda apa pun yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah ke Kakbah.

“Untuk itu, bagi kaum muslimin yang akan memperbaiki arah kiblatnya agar disesuaikan dengan arah bayang-bayang benda tersebut,” ujar Tambrin.

Namun, lanjut dia, ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat mengecek kembali arah kiblat. Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus.

“Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata. Ketiga, waktu pengukuran arah kiblat harus disesuaikan dengan mengacu pada jam BMKG, RRI atau Telkom,” Tambrin memungkas.

Nah itulah mengapa Kemenag Ajak Umat Cek Arah Kiblat Saat Matahari Di Atas Kakbah.


Info Lainnya
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Silahkan komentar