Katarak: Pengertian, Penyebab, Faktor Resiko, dan Lainnya

Pasang Iklan Disini

Katarak: Pengertian, Penyebab, Faktor Resiko, dan Lainnya. Ada yang punya keluarga, teman, atau saudara yang sedang menderita penyakit mata katarak? Atau mungkin Anda sendiri juga mengalaminya? Sebenarnya bagaimana penyakit tersebut bisa menyerang mata? Apa penyebab atau faktor resikonya?

Apa Itu Katarak?

Katarak merupakan sebuah penyakit mata dimana saat lensa mata menjadi keruh dan berawan. Biasanya, penyakit ini akan berkembang secara perlahan dan awalnya terasa tak begitu mengganggu.

Padahal, lama kelamaan penyakit tersebut bisa mengganggu penglihatan hingga pengidapnya merasa seperti melihat jendela yang penuh dengan kabut. Setelah itu, mereka akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari mulai membaca, menyetir, dan lainnya.

Apakah penyakit ini berbahaya? Anda harus tahu, sejauh ini katarak telah menjadi penyebab utama kebutaan di dunia. Walaupun begitu, penyakit ini tetap dapat diobati dengan langkah yang sesuai dengan gejala.

Penyebab Mata Katarak

Mata Katarak

Mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang apa saja penyebab penyakit mata tersebut. Penyebab utama yang paling umum adalah karena proses penuaan serta trauma. Sehingga menyebabkan perubahan pada jaringan mata.

Sebagaimana diketahui, lensa maya sebagian besar terdiri dari protein dan air. Seiring bertambahnya usia, lensa ini akan menjadi tebal dan tak fleksibel. Selanjutnya, hal tersebut menyebabkan gumpalan protein yang mengurangi intensitas cahaya masuk retina.

Kondisi inilah yang membuat pandangan menjadi kabur dan tak tajam. Mata katarak diawali dengan perubahan warna lensa dari kuning kecoklatan ringan dan semakin memburuk selama beberapa kurun waktu tertentu.

Penyakit ini juga bisa disebabkan karena kelainan genetik bawaan hingga masalah kesehatan lain sebagai faktor resikonya. Bahkan, penyakit tersebut pun dapat dipicu oleh kondisi mata lain, operasi mata sebelumnya yang dilakukan penderita, atau kondisi medis seperti diabetes.

Faktor Risiko Katarak

Bila Anda masih belum terlalu paham dengan salah satu penyakit mata tersebut, mungkin bisa pelan-pelan mencernanya dengan mengetahui dulu tentang faktor resiko. Faktanya, keluhan penglihatan tersebut memiliki beberapa faktor resiko diantaranya:

Penuaan

Seperti yang sedikit disinggung sebelumnya, penuaan memang menjadi penyebab utama munculnya penyakit katarak. Penyakit ini juga sering disebut sebagai kondisi kekeruhan lensa pada penderitanya.

Riwayat Trauma

Selain penuaan, ada lagi faktor resiko yang juga tergolong tinggi yaitu riwayat trauma. Jadi, sebelumnya lensa mata diketahui sudah mengalami trauma seperti masuknya serpihan material tajam, terbentur sesuatu yang keras, dan lainnya.

Infeksi Saat Kehamilan

Kondisi kehamilan pun sangat mungkin ibu mengalami infeksi, seperti misalnya rubella. Inilah menjadi penyebab utama gangguan mata, khususnya pada anak yang dilahirkan. Penyakit kekeruhan lensa tersebut bisa menyerang salah satu atau kedua mata anak sekaligus.

Mengidap Penyakit Tertentu

Selain itu, mata katarak juga bisa terjadi karena seseorang sedang menderita penyakit tertentu. Contohnya seperti diabetes melitus, hipokalemia, hipertensi, serta dermatitis atopik. Semua itu bisa menjadi pemicu gangguan mata seperti kekeruhan lensa.

Ada lagi faktor risiko lain yang bisa menjadi penyebab. Mulai dari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol, paparan sinar matahari yang berlangsung lama ke mata, paparan racun, hingga riwayat keluarga yang menderita penyakit sama.

Pengobatan Mata Katarak

Selanjutnya tentang bagaimana prosedur pengobatannya. Faktanya, jika penyakit ini dirasa belum cukup mengganggu Anda mungkin hanya diberikan kacamata baru untuk membantu melihat lebih baik.

Namun, jika katarak sudah sangat mengganggu, dokter akan menganjurkan untuk dilakukan proses operasi. Tenang saja, operasinya tergolong aman hingga pasien tak perlu harus rawat inap. Jenis operasi yang dilakukan antara lain:

Small Incision Cataract Surgery (Phacoemulsification)

Merupakan operasi yang dilakukan dengan insisi kecil pada tepi kornea mata. Selanjutnya dokter akan menyinarkan semacam gelombang ultrasound yang berguna untuk menghancurkan lensa dan mengambilnya menggunakan alat penghisap.

Extracapsular Surgery

Adalah operasi yang membutuhkan insisi yang lebih besar. Berguna untuk mengeluarkan bagian inti lensa yang berkabut. Berikutnya, sisa lensa akan dikeluarkan dengan alat penghisap.

Itu dia penjelasan tentang katarak yang merupakan penyakit mata cukup umum diderita banyak orang. Dengan langkah penanganan tepat, penyakit ini bisa disembuhkan secara maksimal.

Share :