Kartu Yugioh hingga Sapi, Ini 4 Barang Nyeleneh Hasil Korupsi yang Akhirnya Dilelang Negara

Daftar Indodax

Kartu Yugioh hingga Sapi, Ini 4 Barang Nyeleneh Hasil Korupsi yang Akhirnya Dilelang Negara. Di setiap negara, korupsi selalu ada dan menjadi duri dalam daging. Alih-alih berjuang demi kepentingan bangsa, yang ada para koruptor ini menghabiskan uang rakyat untuk foya-foya. Bahkan banyak dari mereka yang melakukan korupsi hanya untuk memuaskan kesenangan hobi atau koleksinya. Sebagai bayarannya, rakyat jadi menderita.

Mungkin seperti yang dilakukan para koruptor ini, yang pakai uang rakyat untuk beli barang tak biasa. Mulai dari kartu Yugioh hingga sapi, semua dibeli dengan uang negara. Lalu benarkah hal itu terjadi? Biar gak penasaran simak ulasan di bawah ini.

Kartu Yugioh milik koruptor berharga ratusan juta

Memang ada saja hobi para koruptor ini dan salah satunya mengoleksi kartu Yugioh. Namun seorang koruptor bernama Zhang Yujie di China ternyata punya koleksi kartu tidak biasa. Kartu Blue Eyes White Dragon miliknya itu diperkirakan sangat langka. Saat pemerintah China melakukan pelelangan, harganya melambung sangat drastis.

 

Bayangkan saja, dari angka awal lelang di nominal 80 Yuan atau Rp179 ribu naik hingga Rp195 miliar. Ketika lelang dimulai, memang banyak orang yang yang siap menaikkan harga tinggi namun tak diduga sampai sebanyak ini. Akhirnya lelang pun terpaksa dihentikan karena dianggap ada keanehan dalam lonjakan harga kartu Yugioh itu.

Action figure milik koruptor juga sempat dilelang

Kamu pasti ingat mengenai kasus korupsi yang sempat dilakukan oleh Zumi Zola. Mantan gubernur Jambi ini ternyata menggunakan uang gratifikasi proyek untuk membeli action figure di Singapura. Berbagai macam jenis action figure yang sudah ia koleksi, baik dari segi ukuran, harga, hingga kelangkaan.

Bahkan salah satu action figure karakter Marvel yang dia punya, bisa mencapai angka Rp45 juta kalau dijual. Alhasil lantaran hasil korupsi, maka KPK pun akan menjual action figure miliknya ini sebagai ganti rugi atas kerugian negara yang diperbuatnya.

Sapi hasil korupsi dijual karena merepotkan

Ternyata, sapi juga pernah menjadi binatang sitaan lembaga pemberantasan korupsi dan masuk dalam pelelangan. Tepatnya pada tahun 2016, KPK menyita 30 sapi dan 13 diantara berjenis limosin, yang merupakan hasil dari penyelewengan uang yang dilakukan Bupati Subang (Jawa Barat), Ojang Sohandi. Dilansir dari laman Media Indonesia, sapi-sapi itu akhirnya dilelang karena beberapa kendala yang tidak memungkinkannya untuk terus diperlihara.

Ya, mengacu pada pengalaman, banyak binatang sitaan hasil korupsi yang akhirnya mati karena sebagian besar pegawai KPK tidak memiliki skill dalam perawatannya. Pun demikian dengan sapi-sapi itu, lebih baik segera dilelang dari pada malah turun harga atau mati karena salah rawat.

Album musik yang juga sempat jadi barang lelang

Dalam rangka perayaan hari anti-korupsi tahun 2014, Kemenkeu melakukan pelelangan barang yang merupakan barang gratifikasi hasil korupsi. Ada total 240 barang yang dilelang dan tentu dengan harga yang sangat bervariatif. Namun ada satu barang yang unik dan bikin penasaran adalah album band Noah yang ternyata juga masuk daftar barang lelang.

Mungkin mantan pemiliknya dulu nge-fans dengan band besutan Ariel itu ya, jadi sampai dijadikan barang gratifikasi. Pelelangan ini dilakukan selama dua tahap, mengingat jumlahnya yang lumayan banyak dan peminat yang juga tertarik dengan barang-barang itu. Kira-kira album Noah bekas koruptor ini laku berapa ya?

Memang selalu ada-ada saja kelakuan para koruptor ini dalam menghabiskan uang rakyat. Padahal kalau dipakai untuk membangun bangsa, dampaknya bisa sangat terasa. Semoga Indonesia bisa benar-benar bebas dari aksi pencurian uang negara ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *