Jokowi Setuju, Timor Leste Bakal Segera Jadi Anggota ASEAN

Wikimedan – Jokowi Setuju, Timor Leste Bakal Segera Jadi Anggota ASEAN. Presiden Joko Widodo melakukan telah melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN di Labuan Bajo, (9/5/2023). Dalam rangkaian agenda KTT ke 42 ASEAN ini, Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak.

Ini merupakan pertama kalinya negeri Timor Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan terkait keanggotaan Timor Leste dipastikan akan segera disepakati dalam penyelenggaraan acara ini.

“Presiden sampaikan bahwa selama Keketuaan Indonesia ini roadmap untuk Timor Leste jadi anggota penuh akan disepakati dan mengharapkan agar Timor Leste segera memenuhi kriteria yang ada di roadmap bisa diadopsi sehingga dapat menjadi anggota penuh ASEAN,” kata Retno dalam konferensi pers, Selasa (9/5/2023).

Pasang Iklan Disini

Dalam pertemuan, Jokowi juga mau terus mendorong kerja sama ekonomi antarkedua negara khususnya di wilayah perbatasan. Kedua negara juga sepakat untuk membentuk join working group untuk pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara.

Selain melihat investasi yang semakin meningkat, maka Indonesia mengusulkan dibentuknya bilateral investment treaty dan mulai dibahas kedua negara.

“Presiden juga ingatkan pentingnya segera perlindungan batas darat, dan Timor Leste ucapkan terima kasih dukungan Indonesia terhadap keanggotaan Timor Leste,” kata Retno.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *