Jaringan PLN Padam Dua Hari, Pasien Kepanasan, Warga Tidur di Mobil

Wikimedan – Hampir setiap tahun terjadi blackout di Makassar dan beberapa wilayah di Sulawesi Selatan. Terlebih saat memasuki musim hujan. Kali ini pun sama. Bahkan, dalam dua hari terakhir aliran listrik terganggu. Padam, menyala, padam lagi. Warga dibikin repot. Mulai kepanasan, kehabisan air, sampai terjebak kemacetan di jalan.

Ada pula warga yang terpaksa tidur di mobil. Wisma Herawati salah satunya. Warga Jl Borong Raya, Makassar, itu sempat mencari hotel. Namun, semua penuh. “Akhirnya diputuskan tidur di mobil,” kisahnya kepada Fajar (Jawa Pos Group). Tak ada pilihan karena anak-anaknya tidak bisa tidur dalam kondisi panas.

Di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar, akibat terbatasnya kemampuan genset, pendingin ruangan tak berfungsi optimal. Pasien mengeluh kepanasan. Salah satu keluarga pasien yang berasal dari Gowa, misalnya, mengatakan, ada tetangga kamarnya yang operasinya terpaksa ditunda karena pemadaman listrik.

Jaringan PLN Padam Dua Hari, Pasien Kepanasan, Warga Tidur di Mobil
TERJEBAK: Ratusan kendaraan yang terjebak di Jalan AP Pettarani Makassar akibat tidak berfungsinya traffic light karena sudah 2 hari listrik padam. (Nurhadi/Fajar/Jawa Pos Group)

“Jadi kayak bergilir orangnya, terpaksa ditunda meski jadwal operasinya sudah ada,” ujar keluarga pasien yang tidak ingin ditulis namanya itu.

Namun, Kasubbag Humas dan Pemasaran RSWS Nur Adzan membantah. Dia menyebut untuk sementara tidak ada masalah yang berarti terkait perawatan di rumah sakit akibat blackout. Akan tetapi, akibat listrik padam, ada beberapa alat rumah sakit yang rusak.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar Bambang Yusuf mengaku tak menyangka bahwa gangguan transmisi tersebut berimplikasi begitu parah.

“Detailnya akan terus kami informasikan. Sementara ini memang karena gangguan transmisi dan berujung pada lepasnya sumber tegangan dari pembangkit yang hampir bersamaan.” 

(ica/fit/gsa/abd/JPG/c6/fim)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *