Jarang Disadari, Nomor Whatsapp Anda Bisa Dikloning & Dibajak

Wikimedan.com – Jarang Disadari, Nomor Whatsapp Anda Bisa Dikloning & Dibajak. Pengguna WhatsApp perlu waspada dengan kasus pembajakan atau kloning akunnya. Para pelaku kejahatan akan menggunakan banyak modus untuk bisa melakukan aksinya tersebut.

Salah satunya adalah menggunakan nomor yang dijadikan akun WhatsApp. Modus tersebut dilakukan jika pelaku mengakses WhatsApp Web karena membutuhkan pemindaian kode QR.

Untuk itu, mereka akan membutuhkan akses khusus fisik dari ponsel korbannya.

Setelah dapat diakses, pelaku akan mendapatkan akses ke akun korbannya dan memantau seluruh percakapan bahkan membalas pesan seolah berasal dari korban.

Kamu dapat mengetahui ciri-ciri akun WA sedang dikloning atau dibajak, berikut tandanya, dirangkum CNBC Indonesia:

1. Mendapatkan OTP
One Time Password (OTP) berisi enam digit nomor yang akan dikirimkan melalui SMS saat pengguna masuk ke akunnya. Jadi jika mendapatkan OTP, artinya ada pihak lain yang memasang akun WhatsApp di perangkat lain. Jika mendapatkan pesan berisi kode tersebut abaikan saja dan jangan berikan kepada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp Web
Ciri lainnya adalah tiba-tiba keluar dari layanan WhatsApp Web. Selain itu kamu dapat mengetahui perangkat lain yang tidak dikenal mengakses akun, dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas berikutnya pilih mode WhatsApp Web. Selanjutnya akan terlihat WhatsApp Web telah digunakan di perangkat mana.

3. Pesan Telah Terbaca
Selain keluar dari WhatsApp Web, ciri lainnya akun sudah dibajak adalah pesan yang telah terbaca padahal kamu belum melakukannya.

4. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan Pengguna
Jika kamu melihat ada pesan terkirim otomatis, bisa berarti akun WA telah dibajak. Segera tingkatkan kewaspadaan ada kemungkinan akun WhatsApp sudah diretas.

Cara Amankan Akun Whatsapp

Kamu bisa mengamankan akun WA dengan cara mengaktifkan verifikasi dua faktor. Dengan cara ini, untuk mengakses ke dalam WhatsApp harus memasukkan enam angka lebih dulu.

Jadi pelaku akan kesulitan mengakses akun karena tidak mengetahui angka yang sudah diatur sebelumnya. Berikut cara mengaktifkan fitur ini:

– Klik opsi titik tiga di kanan atas

– Setting > Account > Two Step Verification

– Klik Enable

– Masukkan enam kode rahasia yang dipilih

– Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *