Jangan Keliru, Begini Urutan Pakai Produk Skin Care yang Benar Sesuai Aturan

Pasang Iklan Disini

Untuk menjaga kecantikan kulit wajah, banyak wanita menggunakan berbagai produk perawatan lebih dari satu. Namun ternyata, masih banyak orang yang keliru dalam menggunakannya. Padahal, menurut dokter kulit kosmetik di London, dr. Sam Bunting, urutan pemakaian skin care yang salah bisa mengurangi efektivitas produk yang digunakan. Bahkan, kulit bisa mengalami iritasi dan dehidrasi.

Urutan pemakaian skin care yang benar

Skin care atau produk perawatan kulit ada banyak jenisnya. Mulai dari pembersih wajah hingga tabir surya. Nah, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk yang digunakan, Anda harus menggunakannya dengan urutan yang tepat.

Kunci utama dalam memakai skin care yaitu menggunakan produk dengan tekstur dari yang paling ringan ke yang paling berat. Misalnya, gunakan produk dengan bahan dasar air sebelum menggunakan produk berbahan dasar minyak. Berikut urutan skincare yang tepat:

1. Sabun cuci muka

sering cuci muka bikin jerawat

Membersihkan wajah menjadi langkah pertama yang perlu diterapkan sebelum Anda memakai produk perawatan lainnya. Dengan wajah yang bersih, produk-produk selanjutnya yang akan digunakan akan lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit. Jadi, urutan skincare yang tepat memang dimulai dari facial wash alias sabun muka.

2. Toner

cara pakai toner

Setelah membersihkan wajah dengan sabun, gunakan toner. Toner membantu mengangkat kotoran dan minyak yang masih menempel di wajah setelah mencuci muka. Selain itu, dr. Christine Choi Kim, dokter kulit di Los Angeles, Amerika Seriakt, menyatakan bahwa toner membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan pelembap dan serum.

3. Serum

cara membuat serum wajah

Setelah menggunakan toner, Anda bisa menimpanya dengan serum. Serum menjadi semacam suplemen vitamin untuk kulit wajah Anda. Pakai serum ke kulit wajah kemudian tekan atau tepuk dengan lembut agar bahan aktifnya terlepaskan. Apalagi untuk serum yang berbahan dasar minyak; tak cukup jika hanya dioles tanpa ditepuk ke wajah secara perlahan.

4. Moisturizer (pelembap)

pelembap untuk psoriasis

Moisturizer membantu menghidrasi kulit Anda dan mencegah kekeringan. Mengoleskan produk yang satu ini tak bisa asal. Sebaiknya, berikan sedikit pijatan saat Anda memakaikan moisturizer ke wajah. Oleskan dengan gerakan ke atas dari leher ke arah dahi. Selain membantu produk agar menyerap sempurna, pijatan juga membantu melancarkan sirkulasi darah di wajah.

5. Tabir surya

memilih sunblock

Tabir surya adalah rangkaian terakhir yang wajib Anda gunakan setiap harinya. Produk yang satu ini membantu melindungi wajah dari bahaya sinar matahari seperti kulit terbakar atau penuaan dini. Namun, tak hanya di wajah saja, tabir surya juga wajib digunakan di seluruh tubuh, dari muka hingga kaki agar kulit terlindung sempurna.

Bagaimana, apakah urutan skincare Anda selama ini sudah benar atau masih kurang tepat?

Baca Juga:


Kategori : Berita Kesehatan

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *