Jadwal Ngemil Sehat untuk Pengidap Diabetes (Plus Jenis Makanannya)



Jadwal makan adalah komponen penting dalam mengatur makan diabetesi. Kalau Anda memiliki diabetes, Anda mungkin sudah sering dengar singkatan 3J, dan jadwal makan adalah salah satunya. Jadwal makan ini berperan penting menjaga naik turunnya lonjakan gula darah, termasuk jadwal ngemil, lho!

Lantas, bagaimana jadwal snacking yang tepat untuk para diabetesi? Plus, apa yang bisa dipilih selama jadwal ngemil ini?

Jadwal ngemil untuk diabetesi

Merencanakan waktu makan adalah hal yang sangat penting dalam mengelola diabetes, termasuk mengatur jam waktu makan snack alias ngemil.

Jadwal ngemil untuk diabetesi bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari, di sela-sela waktu makan utama. Contohnya, Anda bisa melakukan snacking di waktu antara makan pagi dan siang (jam 10 pagi), di waktu antara makan siang dan sore (jam 4 sore) , serta di waktu sebelum tidur malam (jam 8 malam).

Jadwal ini bisa disesuaikan dengan waktu makan utama dan aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan.

Yang paling penting selalu lakukan jadwal makan snack yang teratur untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Jangan sampai hari ini Anda makan 5 kali, besok makan hanya 3 kali, besok hanya satu kali, dan selalu berubah-ubah.

Makan pada waktu yang sama dan jumlah yang sama setiap hari dapat membantu Anda menjaga gula darah lebih mendekati kadar gula darah normal.

Jangan juga sampai tiba-tiba berhenti tidak ngemil sama sekali karena takut kadar gula darah jadi naik, padahal kemarin jadwal makan Anda teratur. Ini keliru dan berbahaya, lho!

Snack apa yang cocok untuk para diabetesi?

Waktu makan snack ini seringnya disalahgunakan. Ketika waktu ngemil tiba, orang justru berpikir tentang makanan yang manis, berlemak, dan enak-enak hanya di lidah saja tanpa memikirkan efeknya. Memilih jenis snack sangatlah penting dilakukan.

Pengidap diabetes melitus disarankan untuk memilih camilan yang tidak menaikkan gula darah dan membuat berat badan semakin bertambah berlebihan. Camilan yang sehat juga biasanya tidak memiliki banyak kalori dan rendah karbohidrat (gula).

Salah satu snack yang cocok untuk diabetesi adalah kacang-kacangan. Dilansir dalam artikel Kemenkes RI, makan kacang-kacangan setidaknya 75 gr per hari bisa menstabilkan gula darah dan kadar insulin.

Salah satu kacang yang paling baik untuk para diabetesi adalah kacang kedelai. Kacang kedelai adalah jenis kacang yang baik untuk diabetesi karena tinggi serat, rendah lemak, dan mengandung karbohidrat kompleks. Kacang kedelai juga jadi sumber protein nabati yang diperlukan tubuh, dan mengandung banyak antioksidan.

Selain itu, kacang kedelai juga aman untuk para diabetesi karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya, kacang kedelai bisa membantu menjaga lonjakan gula darah lebih baik daripada snack lainnya yang tinggi tepung.

Snacking dengan kacang kedelai juga bisa buat para diabetesi kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan di waktu selanjutnya. Bahkan ngemil dengan kacang kedelai juga bisa mencegah komplikasi diabetes dari penyakit ginjal dan jantung, seperti dilansir dalam penelitian JAMA Internal Medicine tahun 2012.

Snack bar kacang kedelai juga bagus untuk mengisi jadwal ngemil, lho!

Selain kacang kedelai asli, jadwal snacking Anda juga bisa diisi dari snack bar yang praktis.

Dilansir dalam laman Verywell health, pastikan snack bar untuk para diabetesi itu yang aman mengandung:

  • Mengandung gula kurang dari 10 gram. Semakin rendah, semakin baik.
  • Mengandung protein
  • Mengandung serat setidaknya 3 gram serat.
  • Mengandung kalori kurang dari 250 kalori untuk snacking.
  • Komposisi bahan-bahan alami.
  • Mengandung indeks glikemik rendah.

Nah, snack bar sehat yang mengandung itu semua biasanya bisa didapatkan dengan mudah dalam snack bar kedelai. Komposisi yang dimiliki snack bar kedelai seperti kriteria di atas bisa menahan para diabetesi untuk tidak makan berlebihan selanjutnya, dan kenyang lebih lama.

Yang paling penting juga snack bar kedelai asli bisa membantu menjaga gula darah sepanjang hari. Yuk isi jadwal ngemil Anda dengan kedelai atau snack bar kedelai!

Baca Juga:



Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *