Jadi Terkotor di Dunia, Ini Cara Ridwan Kamil Bereskan Sungai Citarum

Pasang Iklan Disini

[ad_1]




Wikimedan – Citarum merupakan salah satu sungai di Jawa Barat yang dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia. Dengan kondisi air berwarna hitam dan berbau, serta tumpukan sampah di sepanjang sungai menjadi alasan disebut sebagia terkotor.



Program Citarum bebas sampah, bersih, tidak berbau dan bisa dimanfaatkan airnya belum juga terwujud. Bahkan bukan hanya sebagai program Pemerinta Kota Bandung melainkan program nasional.




Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan akan mencarikan solusi dan cara cepat dalam program citarum harum itu. Pasalnya proses pembersihan akan dilakukan dengan tiga tahapan yakni jangka pendek, menengah, dan panjang.



“Jangka pendeknya pembersihan sampah, menengah pembersihan limbah, dan panjang yaitu pemindahan industri ke lokasi baru,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Selasa (18/9).





Adapun jangka pendek akan segera dilaksanakan, karena saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dan rapat terkait Presiden Presiden. Bahkan Satgas Citarum sedang melakukan pemetaan.



“Satgas Citarum sedang persiapan memetakan. Salah satunya kita akan ada mesin pengeduk sampah di sungai yang lagi dibikin di Pindad. Mudah-mudahan urusan sampah bisa selesai,” jelasnya



Menurut Kang Emil sapaanyamesin pengeruk sampah tersebut akan mengambil sampah di sungai Citarum yang menggunakan teknologi. Itu merupakan langkah awal dan peran Kang Emil kepala daerah dalam menuntaskan permasalahan Citarum.



Petugas merupakan gabungan dari tim khusus dalam satu komando Gubernur Jabar dengan pengarahan dari Menkomatitim RI. Saat ini, pihak satgas pun sudah bertindak tegas dalam pelaksanaannya yakni penegakan hukum.



“Penegakana hukum bagi mereka yang membuang limbah sembarangan, maka kita tertibkan,” tegasnya.



(ona/JPC)


[ad_2]

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *