Intip Tips Membeli Rumah Dijual Berikut Ini!

Intip Tips Membeli Rumah Dijual Berikut Ini! Kesadaran kita terhadap bisnis, khususnya pada bidang properti agaknya mulai meningkat. Selain bisnis, properti seperti rumah juga termasuk kebutuhan pokok yang penting untuk dicukupi. Oleh karena itu, tidak heran ketika melihat ada rumah dijual, kemudian kita berencana untuk membelinya, apalagi jika semua pertimbangan seperti budget sudah terpenuhi.

Namun, membeli rumah tidak bisa sembarangan, ya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan selain kemampuan dari sisi finansial, mengingat rumah adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa sekali habis seperti makanan atau mudah diganti ketika tidak cocok seperti pakaian.

Beberapa Tips Membeli Rumah yang Bisa Kamu Coba

Langsung saja, berikut beberapa tips membeli rumah yang bisa kamu terapkan:

 

  • Cari informasi lengkap

Tips pertama ketika akan membeli rumah adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang rumah atau tanah yang akan kamu beli tersebut. Cari tahu dengan detail berapa harga rumah, bagaimana sistem pembayaran, jika kredit bagaimana skema bunga cicilannya, status sertifikat bangunan, hingga pernah terlibat utang-piutang atau tidak sebelumnya.

Selain itu, kamu juga harus mencari tahu printilan rumah tersebut, misalnya berapa maksimal daya kWh yang bisa dialirkan ke rumah, kemudian bagaimana kondisi sinyal di lokasi tersebut. Ini juga untuk menentukan layanan internet apa yang nanti bisa diambil. Jangan lupa, periksa mengenai kondisi dan kualitas air. Ini penting sekali, ya!

 

  • Cek lokasi rumah

Setelah mencari tahu secara lengkap tentang detail rumah yang akan kamu beli itu, selanjutnya adalah survey lokasi. Pengecekan lokasi rumah atau tanah secara langsung ini akan meminimalisir segala hal yang tidak diinginkan, misalnya akses fasilitas umum yang jauh, atau bahkan lokasi yang rawan banjir.

 

Pengecekan lokasi rumah ada baiknya dua kali, yang pertama adalah sendiri, berbekal alamat yang diberikan penjual atau developer. Pada posisi ini kamu bisa mencari tambahan informasi dari tetangga sekitar jika lokasinya di perkampungan. Survey yang kedua bisa dengan mengajak developer. Pastikan rumah strategis, khususnya dari fasum rumah sakit, minimarket, serta pom bensin, ya.

 

  • Pilih developer yang kredibel

Jika dua langkah di atas sudah kamu lakukan, kemudian kamu tetap jatuh cinta dan cocok dengan rumah atau bangunan tersebut, maka kamu bisa mulai membicarakan mengenai transaksi jual-beli. Jika rumah tersebut berada di area perumahan dan kamu adalah pembeli pertama, maka pastikan developer yang mengurusi keperluanmu benar-benar kredibel.

 

Namun, jika rumah yang akan kamu beli ini statusnya alih tangan, atau milik orang lain sebelumnya, maka hindari transaksi non tunai. Jika pun harus non tunai, usahakan tetap ada pertemuan langsung, surat kuasa perpindahan pemilik, serta nota pembayaran, ya. Ini semua guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Hindari Hal-Hal Berikut Saat akan Membeli Rumah

Setelah mengetahui tips membeli rumah, berikut ada sedikit informasi mengenai apa saja yang sebaiknya dihindari ketika membeli rumah:

 

  • Sertifikat tidak SHM

SHM atau sertifikat hak milik cenderung lebih aman untuk transaksi jual beli rumah dibanding SHG atau sertifikat hak guna. Bangunan dengan SHM setelah kamu beli maka resmi menjadi milik kamu, sedangkan sertifikat hak guna hanya memberikan hak pemakaian atau menempati bangunan saja.

 

  • Rumah atau bangunan pernah tersandung kasus dengan bank

Rumah atau tanah yang dulunya pernah digadaikan rawan mempunyai sandungan dengan pihak bank. Ketika sertifikat dan surat-surat lengkap memang besar kemungkinan status rumah atau tanah aman. Tapi untuk berjaga-jaga, sebaiknya hindari saja, ya.

 

Ada beberapa situs website yang bisa kamu telusuri , salah satu nya www.iklanrumah.com adalah situs properti yang menyediakan layanan iklan rumah gratis bagi pemilik rumah maupun agen properti di seluruh Indonesia. www.iklanrumah.com juga bertujuan mempermudah orang – orang yang sedang mencari properti untuk menemukan rumah idamannya. Demikianlah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan membeli rumah atau bangunan.

Share :