Internasional : Sekilas Rekaman Perjalanan Revolusi Islam

Dari semua bangsa tertindas yang kemudian bangkit dan menumbangkan diktatorisme, sedikit sekali dari mereka yang berhasil menjaga revolusi dan kebangkitan mereka hingga mencapai titik tertentu.

Terkadang mereka hanya mampu menggulingkan rezim diktator namun gagal untuk tetap berjalan di atas rel dan jalur revolusi. Hal ini berbeda dengan rakyat Iran yang telah berhasil menjaga revolusi mereka hingga memasuki dekade kelima.

 

Rakyat Iran mencapai Kemenangan Revolusi Islam pada tanggal 22 Bahman 1357 Hs yang bertepatan dengan tanggal 11 Februari 1979. Hingga saat ini, revolusi tersebut telah berumur 40 tahun dan tetap berlanjut dengan semangat yang sama di awal revolusi ini.

 

Kemenangan Revolusi Islam diraih berkat perjuangan gigih rakyat Iran yang dipimpin Imam Khomeini ra untuk menumbangkan rezim diktator Shah Pahlavi yang didukung penuh oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

 

Revolusi Islam Iran adalah revolusi paling besar dan paling populer di era baru dan merupakan satu-satunya revolusi yang melewati empat dekade yang penuh kebanggaan tanpa mengkhianati cita-cita dan aspirasinya.

 

Perjalanan Revolusi Islam yang bertahan hingga saat ini sangat panjang dan berliku. Selama 40 tahun terakhir, rakyat Iran menghadapi berbagai tekanan ekonomi dan politik, intimidasi, upaya kudeta, agresi militer selama delapan tahun, teror dan berbagai ujian besar lainnya, namun mereka bisa melewatinya dengan penuh kebanggaan.

 

Rakyat Iran mampu mempertahankan dan melindungi martabat dan keaslian slogan Revolusi Islam dari semua godaan yang tampaknya tak tertahankan. Kini Revolusi Islam Iran telah memasuki tahap kedua dari pengembangan diri, kematangan, berkebudayaan dan berperadaban.

 

Meski telah berumur empat dekade, namun Revolusi Islam tetap kuat dan Iran mencapai kemajuan di berbagai bidang seperti medis, nanoteknologi, nuklir, militer, satelit, petrokimia dan industri-industri serta sektor lainnya.

 

Semua kemajuan itu dicapai di tengah-tengah sanksi dan tekanan luar biasa dari Barat dan sekutunya. Mereka tidak kenal lelah untuk terus melanjutkan jalur revolusi dan berusaha mencapai tujuan dan cita-cita mulia Revolusi Islam.

 

Salam sejahtera bagi rakyat Iran, bagi generasi yang telah memulai Revolusi Islam dan melanjutkannya serta bagi generasi yang telah memasuki proses besar dunia 40 tahun kedua dari Revolusi Islam.

 

Menandai peringatan ke-40 tahun Kemenangan Revolusi Islam, Pemimpin Besar Rebvolusi Islam Iran Ayatullah al-Udzma Sayid Ali Khemenei mengeluarkan sebuah pernyataan yang dikenal dengan “pernyataan langkah kedua revolusi.”

 

Rahbar menjelaskan capaian luar biasa selama empat dekade lalu dan menyampaikan nasihat mendasar untuk “jihad besar” membangun Iran yang islami dan besar. (RA)

 

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *