Inilah Salep Yang Cocok Buat Kamu Saat Terkena Gigitan Serangga

Daftar Indodax

Akibat gigitan serangga, beberapa kondisi berikut bisa terjadi pada kulit bayi: bentol, beruntusan, bengkak, gatal, nyeri hingga meradang dan sedikit hangat. Terkadang, ada reaksi lanjutan yang terjadi seperti demam, nyeri sendi, mual, hingga abses bila gigitannya mengenai area mulut, atau menyengat kulit terlalu dalam oleh serangga beracun seperti semut api, tawon, jenis lebah tertentu, kutu, dan yang lainnya.

Untuk mengobatinya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, antara lain :

5 Cara Alami Untuk Meredakan Gigitan Serangga

Ada beberapa cara alami yang bisa menjadi alternatif selain mengoleskan obat buatan pabrik ketika digigit serangga. Cara ini dianggap efektif meredakan gigitan nyamuk biasa maupun serangga. Berikut bagian kedua dari dua tulisan:

1. Kemangi

Bumbu ini tidak hanya terbatas di dapur. Daun kemangi mengandung bahan kimia seperti kapur barus, yang menciptakan perasaan dingin, mirip dengan mentol dalam pasta gigi. Hancurkan beberapa daun dan oleskan langsung ke bagian terkena gigitan

2. Cuka sari apel

Ini adalah obat rumahan yang bagus untuk mencegah gatal karena kadar asamnya rendah. Dr Schultz menyarankan dengan mengoleskan cuka apel atau dapat ditambahkan dua hingga tiga cangkir ke air hangat terlebih dulu untuk Anda berendam dalam bak nantinya.

3. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa meredakan sakit gigitan serangga bisa dibilang sangat ampuh. Minyak kelapa tidak hanya dapat menenangkan kulit merah yang gatal, tetapi juga dapat melindungi gigitan dari debu dan kotoran yang mungkin mengiritasi kulit.
Minyak kelapa, seperti lavender, juga antibakteri sehingga dapat membantu menyembuhkan gigitan.

4. Es atau kompres es

Satu es batu dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pelepasan histamin alami tubuh. Jadi mengompres bagian gatal terlebih dulu juga bisa menjadi salah satu pertolongan pertama.

5. Kantong teh

Kantong teh dingin mengeluarkan cairan dari gigitan untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak. Buatlah secangkir teh dan ketika selesai menggunakan kantong teh, biarkan dingin selama beberapa menit kemudian oleskan kantong itu ke bagian yang terkena gigitan serangga.

 

Namun, apabila kamu mencari salep yang bisa meredakan gatal gatal akibat gigitan serangga, meredakan sakit akibat keseleo ringan, atasi nyeri otot, mengatasi bengkak dan memar, kamu bisa menggunakan Zambuk. Apakah itu zambuk ? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Zambuk, Salep Praktis Andalan Keluarga

Saat hari liburan tiba, tentunya Anda akan mengajak si kecil untuk berwisata. Tidak harus ke tempat yang jauh, Anda dapat mengajaknya untuk berwisata ke taman kota atau ke taman bermain yang menawarkan berbagai wahana seru. Agar petualangan si kecil terasa makin menyenangkan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Salah satunya yang tidak boleh tertinggal adalah Zambuk. Zambuk merupakan salep berwarna hijau yang diproduksi oleh Bayer Indonesia. Salep ini mengandung minyak Eucalyptus, minyak Thyme, Colophony, dan Camphor. Hadir dalam kemasan pot anti tumpah, berikut adalah kegunaan dari salep Zambuk.

  1. Meredakan Gatal-gatal Akibat Gigitan Serangga

Berwisata ke taman kota atau wisata alam lainnya tak jarang akan mengekspos anak terhadap resiko tergigit serangga. Gigitan nyamuk misalnya, dapat mengakibatkan anak menjadi rewel dan tidak nyaman. Efek gatal tersebut dapat mengakibatkan anak terus-terusan menggaruk tangan atau kakinya, bahkan dapat memunculkan iritasi dan benjolan. Bahkan, gigitan serangga tersebut ada kalanya mengakibatkan reaksi alergi. Itulah mengapa Anda harus segera mengatasinya dengan mengoleskan salep Zambuk. Caranya, cukup oleskan salep ini pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga.

  1. Meredakan Sakit Akibat Keseleo Ringan

Anak-anak memiliki energi yang sangat besar. Dengan energinya tersebut, mereka sangat gemar untuk berlari-lari atau berlompatan. Terkadang, mereka terlalu bersemangat dan kurang berhati-hati. Akibatnya, si kecil terpeleset dan mengalami keseleo ringan. Walaupun tidak berbahaya, rasa sakit dan nyeri akibat otot yang terkilir tersebut dapat mengakibatkan anak merasa sangat tidak nyaman.

Keseleo dapat terjadi saat otot tendon atau otot ligamen yang mendukung sendi kaki atau tangan mengalami peregangan secara tiba-tiba. Rasa nyeri timbul sebagai akibat dari kaget otot akan aktivitas yang mendadak tersebut. Keseleo juga bisa disebabkan oleh otot ligamen yang robek sehingga mengakibatkan otot terasa sangat kaku. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan salep Zambuk. Salep ini memiliki formula yang tepat untuk melemaskan otot yang tegang. Produk unggulan dari Bayer ini bisa Anda manfaatkan sebagai langkah pertolongan pertama terhadap keseleo ringan.

  1. Atasi Nyeri Otot

Tidak hanya anak kecil, para orang dewasa pun dapat mengalami gejala nyeri otot. Nyeri otot atau kram bisa terjadi akibat otot yang kaget akibat gerakan atau aktivitas mengangkat yang terlalu mendadak. Tak hanya itu, rasa nyeri di bagian otot ini juga bisa terjadi bagi Anda yang menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer. Rasa nyeri tersebut tentunya sangat mengganggu dan bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Untungnya, ada salep Zambuk yang sangat membantu melemaskan kembali otot yang tegang. Namun, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter seandainya Anda mengalami gejala-gejala lainnya. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum beraktivitas untuk mencegah kembalinya rasa nyeri pada otot.

  1. Mengatasi Bengkak dan Memar

Keasyikan anak dalam berkejaran bersama teman-temannya kadang-kadang berakhir dengan ia terjerembab jatuh. Akibat dari benturan keras tersebut, bagian lutut atau siku anak pun menjadi memar atau bengkak. Munculnya memar dan bengkak tersebut diakibatkan oleh efek trauma setelah bagian tubuh si kecil terhantam keras dengan objek keras. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena, ada salep Zambuk yang bisa digunakan untuk meredakan memar dan bengkak pada tubuh anak. Caranya, cukup oleskan saja salep ini pada bagian tubuh yang terkena memar atau bengkak. Pemakaian secara rutin akan membantu memar dan bengkak tersebut cepat menghilang.

Informasi diatas adalah beberapa manfaat dari salep Zambuk yang perlu untuk Anda ketahui. Memiliki salep ini di rumah sebagai salah satu produk P3K menjadi sangat penting. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi Zambuk.

Share :