Inilah Perbedaan Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2

Xiaomi memiliki lini produk HP khusus gaming. Lini produk tersebut adalah Xiaomi Black Shark series. Sejatinya, HP ini bukanlah produksi murni dari Xiaomi. Adalah Black Shark Technology, perusahaan gim asal Tiongkok yang memiliki peranan besar dalam menghadirkan perangkat ponsel khusus gim bernama Black Shark.

Black Shark Technology ini mendapatkan dana investasi dari Xiaomi untuk menghadirkan ponsel gim berkualitas. Lahirlah Xiaomi Black Shark yang muncul perdana di 2018.

Xiaomi Black Shark generasi pertama ini kemudian dapat pembaruan minor di seri Xiaomi Black Shark Helo. Pembaruan minor tersebut adalah penggunaan panel layar AMOLED dan dukungan RAM 10 GB.

Generasi kedua Xiaomi Black Shark pun lahir di 2019. Namanya Xiaomi Black Shark 2 dengan kode nama “Skywalker”. Xiaomi Black Shark 2 ini memiliki spesifikasi yang cukup banyak perbedaannya dibandingkan Xiaomi Black Shark generasi pertama. Mari langsung cek saja perbedaan spesifikasi kedua HP ini.

Spesifikasi Xiaomi Black Shark

  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)

  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB

  • Kamera: Dual 12 MP + 20 MP

  • Kisaran Harga: Rp 6.499.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 2

Xiaomi Black Shark 2 HP Xiaomi RAM 8 gb

  • Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)

  • RAM & Memori: 8 GB & 256 GB

  • Kamera: Dual 48 MP + 12 MP

  • Kisaran Harga: Rp 9.499.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2

Karena Xiaomi Black Shark Helo hanya memiliki minor upgrade dari Xiaomi Black Shark, maka pembahasan kali ini tidak akan membawa Xiaomi Black Shark Helo. Fokus pembahasan hanya pada dua HP, yakni Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2. Langsung cek pembahasannya berikut ini.

1. Bodi Kesan “Gaming”

xiaomi black shark 2 body

Baik Xiaomi Black Shark maupun Xiaomi Black Shark 2, keduanya menghadirkan bodi denga desain khas gaming. Bodi bagian belakang kedua HP ini memiliki bodi metal yang solid dengan logo “S” di belakangnya yang bisa menyala. Hal ini membuat bodi kedua HP terlihat “sporty” dan memang memiliki gimmick khas gaming.

Hanya saja, bodi kedua HP ini memiliki dimensi dan bobot yang berbeda. Xiaomi Black Shark memiliki dimensi 161.6 x 75.4 x 9.3 mm dengan bobot 190 gram. Sementara Xiaomi Black Shark 2 memiliki dimensi 163.6 x 75 x 8.8 mm dengan bobot 205 gram. Bobot kedua HP ini memang cukup berat jika dibandingkan HP konvensional lainnya.

2. IPS LCD vs AMOLED

Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2

Xiaomi Black Shark hadir dengan layar 5,99 inci Full HD+ 2160 x 1080 piksel. Layarnya memiliki kerapatan layar 403 ppi. Sementara Xiaomi Black Shark 2 hadir dengan layar 6,39 inci Full HD+ 2340 x 1080 piksel dengan kerapatan layar mencapai 430ppi.

Xiaomi Black Shark 2 memiliki tampilan layar yang lebih baik karena memakai panel AMOLED sementara Xiaomi Black Shark hanya mengusung IPS LCD saja. Layar Xiaomi Black Shark juga tidak terlalu buruk karena layarnya sudah mendukung DCI-P3 97%.

Bagi yang belum tahu, DCI-P3 ini merupakan ruang warna RGB yang umum digunakan untuk proyeksi film digital di industri film Amerika. Tampilan warna layar DCI-P3 punya gamut warna yang jauh lebih luas dan lebih baik daripada sRGB.

Nilai DCI-P3 Xiaomi Black Shark kalah dengan Xiaomi Black Shark 2. Dukungan DCI-P3 100% telah tersemat di layar Xiaomi Black Shark 2 yang jelas membuat tampilan layar Xiaomi Black Shark 2 unggul telak. Terlepas dari itu, kedua HP ini sama-sama mengusung layar dengan fitur always-on-display.

3. Hardware Kelas Atas Berbeda Seri

snapdragon

Sebagai HP untuk main gim, Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 harus memiliki kinerja mumpuni. Karena itu kedua HP ini sudah dibekali dengan chipset kelas atas, yakni Qualcomm Snapdragon 800 series.

Untuk Xiaomi Black Shark generasi pertama, chipset yang digunakan adalah Snapdragon 845 yang dibangun dengan fabrikasi 10nm. Xiaomi Black Shark memiliki nilai Antutu 299 ribuan. Sementara Xiaomi Black Shark 2 memakai Snapdragon 855 yang dibangun dengan fabrikasi 7nm dan memiliki nilai Antutu di angka 360 ribuan.

Xiaomi Black Shark 2 jelas memiliki nilai yang lebih tinggi karena memakai chipset generasi yang lebih baru. Tetapi performa Xiaomi Black Shark tidak jelek. Performanya tetap kelas atas.

Dukungan RAM besar juga membuat performa dan multitasking di kedua HP kencang. Xiaomi Black Shark generasi pertama memiliki varian RAM 6 GB penyimpanan 64 GB dan RAM 8 GB penyimpanan 128 GB.

Xiaomi Black Shark 2 memiliki empa varian RAM. Varian pertama RAM 6 GB penyimpanan 128 GB, varian kedua RAM 8 GB penyimpanan 128 GB, varian ketiga yakni RAM 10 GB penyimpanan 256 GB, dan terakhir RAM 12 GB penyimpanan 256 GB. Tidak ada slot untuk menambah penyimpanan melalui memori eksternal di kedua HP ini.

4. Sensor Kamera

kamera xiaomi black share

* sumber: www.xiaomitoday.com

Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 memiliki ukuran sensor kamera depan yang  mirip. Kedua HP ini sama-sama mengusung sensor 20 MP di bagian depan. Bedanya, kamera depan Xiaomi Black Shark memiliki bukaan f/2.2. Sementara Xiaomi Black Shark 2 memiliki bukaan f/2.0 dan dukungan fitur HDR.

Di kamera belakang, kedua HP memiliki ukuran sensor yang berbeda-beda. Xiaomi Black Shark hadir dengan kamera ganda kombinasi 12 MP + 20 MP. Keduanya memiliki bukaan f/1.8. Selain itu, kamera 12 MP di Xiaomi Black Shark memiliki fitur dual pixel PDAF sementara kamera 20 MP memiliki fitur autofocus dan 2x optical zoom.

Xiaomi Black Shark 2 juga mengusung kombinasi kamera ganda di bagian belakang. Kamera pertama hadir mengusung sensor 48 MP dengan bukaan f/1.8 dan dukungan PDAF. Kamera kedua adalah kamera telefoto dengan sensor 12 MP dan memiliki bukaan f/2.2. Kamera ini sudah mendukung PDAF dan kemampuan 2x optical zoom.

5. Teknologi Fast Charging

battery xiaomi black shark

* sumber: beebom.com

Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Tipe baterai yang digunakan adalah Non-removable Li-Ion. Dan keduanya memiliki teknologi pengisian cepat.

Hanya saja terdapat perbedaan teknologi pengisian cepat yang digunakan. Xiaomi Black Shark generasi pertama mengusung pengisian cepat Quick Charge 3.0 dengan tegangan 18W. Sementara Xiaomi Black Shark 2 memiliki pengisian cepat 27W, lebih cepat dari pengisian cepat milik Xiaomi Black Shark.

6.  Posisi Fingerprint 

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 memiliki fitur konektivitas dan sensor yang lengkap, termasuk sensor sidik jari. Hanya saja, posisi sensor sidik jari di kedua HP ini berbeda posisinya.

Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 sebenarnya mengusung sensor sidik jari di sisi yang sama, yakni di bagian depan. Bedanya, posisi sensor sidik jari Xiaomi Black Shark ada di bagian tombol fisik di bagian depan. Sementara posisi sensor sidik jari Xiaomi Black Shark  ada di layar alias under display fingerprint.

7.  Dukungan Gamepad yang Berbeda

Black Shark 2

* sumber: www.trustedreviews.com

Sebagai ponsel gaming, Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 dilengkapi dengan dukungan gamepad atau controller. Untuk controller bentuknya mirip dengan JoyCons Nintendo Switch yang memungkinkan gamepad dipasang di kedua sisi, seperti terlihat pada gambar di atas.

Bagaimana dengan gamepad pada Xiaomi Black Shark generasi pertama? Pada generasi pertama, gamepad yang digunakan hanya satu bagian, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Terlihat pada gambar, kalau gamepad pada Xiaomi Black Shark generasi pertama hanya ada di satu bagian. Jelas penggunaan gamepad di Xiaomi Black Shark 2 lebih baik tetapi gamepad pada Xiaomi Black Shark generasi pertama juga tergolong lumayan untuk memberikan pengalaman bermain gim yang lebih baik.

Simpulan

Xiaomi Black Shark dan Xiaomi Black Shark 2 adalah dua HP untuk main gim yang benar-benar menawarkan pengalaman bermain gim yang menarik. Hanya saja, Xiaomi Black Shark 2 menawarkan pengalaman bermain gim yang lebih baik karena menawarkan performa, layar, dan gamepad yang lebih baik.

Meskipun demikian bukan berarti Xiaomi Black Shark generasi pertama tidak dilirik. Apalagi harganya lebih terjangkau dibandingkan Xiaomi Black Shark generasi pertama.

Jika Anda ingin tahu lebih dalam dengan Xiaomi Black Shark, Anda bisa baca artikel tentang kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Black Shark generasi pertama. Jika ingin tahu lebih dalam soal Xiaomi Black Shark 2, Anda bisa baca artikel soal kelebihan dan kekurangan Xiaomi Black Shark 2.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *