Inilah Perbedaan Vivo Y20s dan Vivo Y20s G

Daftar Indodax

Inilah Perbedaan vivo Y20s dan vivo Y20s G – Pabrikan asal Tiongkok, vivo kembali dikabarkan telah merilis ponsel pintar terbarunya bernama vivo Y20s G pada Februari 2021. Kehadiran ponsel kelas menengah ini tatkala menjadi kabar yang mengejutkan bagi para penggemarnya, sebab beberapa bulan sebelumnya vivo telah menghadirkan vivo Y20s.

Bila diperhatikan dengan seksama tampilan dan spesifikasi dari kedua ponsel ini sangat identik, seakan tidak ada celah untuk mencari perbedaannya. Mulai dari kesamaan konfigurasi kamera yang memiliki resolusi 13 MP + 2 MP + 2 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera depan, tipe layar dari IPS LCD, bodi berdimensi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm dengan bobot 192.3 g, dan baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh.

Tidak hanya itu tampilan fisik dari luar juga sangat mirip seperti tata letak kamera dan notch (poni) hingga sensor sidik jari yang disimpan di samping bingkai. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat spesifikasi vivo Y20s dan vivo Y20s G berikut ini:

Spesifikasi vivo Y20s

  • Rilis: Oktober, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: Snapdragon 460 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Spesifikasi vivo Y20s G

  • Rilis: Februari, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G80
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5.000 mAh

Perbedaan vivo Y20s dan vivo Y20s G

Setelah membaca spesifikasi di atas, gimana semakin susah bukan menemukan perbedaan dari kedua ponsel ini? Namun, apa benar vivo Y20s dan vivo Y20s G tidak memiliki perbedaan? Selepas ditelisik lebih dalam, Wikimedan berhasil mendapatkan beberapa perbedaan dari kedua ponsel ini. Berikut beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui.

1. Kuatnya Dismilaritas Chipset

Rupanya selain penambahan huruf “G” di akhir nama pada perangkat yang diidentifikasikan sebagai suatu perbedaan, adapun perbedaan yang mencolok antara vivo Y20s dan vivo Y20s G yakni performanya. Performa sebuah ponsel pintar bisa terlihat dari chipset, prosesor, dan unit pemrosesan grafis yang disematkan.

Performa yang ditawarkan oleh vivo Y20s didukung dengan SoC (System on a Chip) Snapdragon 460 SM4250 dari perusahaan prosesor Qualcomm. Ponsel pintar ini menggunakan teknologi fabrikasi 11 nano meter terdiri dari CPU Octa-core dengan konfigurasi 4 inti Kryo 240 Gold yang memiliki clock speed 1,8 GHz dan 4 inti Kyro 240 Silver yang berlari dengan kecepatan 1,6 GHz.

Sementara, performa dari vivo Y20s G mengandalkan sokongan chipset MediaTek Helio G80 yang mengusung CPU Octa-core terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 yang memiliki clock speed 1,8 GHz.

Begitu pun dengan unit pemrosesan grafis, kedua ponsel ini tampak tidak selaras. Bila vivo Y20s memiliki kartu pengolah grafis dari GPU Adreno 610, semantara vivo Y20s G menghadirkan tampilan grafis yang maksimal berkat dukungan dari GPU Mali-G52 2EEMC2.

Melansir situs resmi vivo, GPU yang ada di HP ini punya daya yang lebih kuat 98%. Bahkan kualitas gambarnya juga lebih bagus dengan kinerja lebih dinamis dibandingkan HP sebelumnya. Dengan begitu, vivo Y20s G tergolong cocok untuk digunakan untuk main gim atau pun menjalani beberapa aplikasi hiburan. Berkat chipset, prosesor, dan GPU yang dikendarai oleh vivo Y20s G, menciptakan performa anti lambat terlebih saat menjalankan aplikasi gim.

2. Renggangnya Ukuran RAM dan ROM

Saat ini banyak sekali vendor ponsel pintar yang menyematkan ruang penyimpan dengan kapasitas besar, tanpa terkecuali perangkat besutan vivo. Misalnya, vivo Y20s menawarkan ruang penyimpanan sementara atau RAM (Random Access Memory) mulai dari ukuran 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Sementara, untuk memori internalnya berkapasitas 128 GB.

Sedangkan, vivo Y20s G tampaknya hanya menyuguhkan satu ukuran RAM saja yakni 4 GB dengan ROM yang berkapasitas 128 GB. Kendati ukuran RAM yang ditawarkan vivo Y20s G kecil tetapi masih cukup untuk menampung data atau berkas yang banyak. Dengan demikian, vivo Y20s G hanya memiliki satu kombinasi saja dari pada vivo Y20s yang mempunyai beragam kombinasi ruang penyimpanan.

Adapun untuk memaksimalkan proses penyimpanan data seperti musik, foto dan film, vivo Y20s dilengkapi dengan slot tiga kartu yang mendukung ekspansi memori hingga 256 GB. Sedangkan vivo Y20s G juga tidak ingin kalah, perangkat ini memberikan slot tiga kartu yang dapat ditambahkan sampai 1 TB.

3. Laga Android 10 vs Android 11

Meski berada di seri yang sama dengan jarak rilis berdekatan, kedua ponsel ini ternyata dibekali dengan sistem operasi yang berbeda. Sistem operasi yang ditunggangi oleh vivo Y20s adalah Android 10 dengan antarmuka Funtouch OS 10. Sedangkan, vivo Y20s G mengalami peningkatan dalam sistem operasinya dengan mengandalkan Android 11 dan antarmuka Funtouch OS 11.

Sebenarnya perangkat yang diusung oleh Android 10 seperti vivo Y20s telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih baik dari versi sebelumnya seperti kehadiran fitur Live Caption, Dark Mode, Focus Mode, Smart Reply, dan masih banyak lagi. Namun, kemunculan Android 11 pada vivo Y20s G akan memberikan fitur-fitur terbaru dan lebih ditingkatkan.

Beberapa fitur Android 11 yang mungkin akan kamu jumpai pada vivo Y20s G seperti Dark Thems, New Emoji, Media Control, Screen Recorder, Long Screenshot, App Permission, Priority Notification, Collect Notification, dan lain sebagainya yang bisa memanjakan kamu saat mengoperasikan ponsel pintar ini.

Sementara untuk Funtouch OS 10, pengguna vivo Y20s akan bersua dengan fitur bernama Dynamic Effects, sebuah fitur baru pada pengaturan mampu memberikan berbagai pilihan animasi layar yang dapat digunakan saat membuka kunci ponsel, menggunakan Face Access, dan interaksi lainnya.

Beralih ke vivo Y20s G dengan Funtouch OS 11, pengguna akan berkenalan bersama AI Editor yang memungkinkan dapat membuat video dengan beragam gaya dan membagikannya dengan cepat di media sosial. Algoritma kecerdasan buatannya diklaim bisa mengidentifikasi wajah dan pemandangan dalam rekaman video, kemudian menggabungkannya menjadi reel baru dalam template vlog.

4. Selisih Harga Tidak Terlalu Besar

Kedua ponsel vivo ini disediakan dengan dua warna, ada Purist Blue dan juga Obsidian Black. Baik vivo Y20s ataupun vivo Y20s G juga memiliki konsep desain yang selaras, kekinian, dan minimalis dengan poni pada bagian atas layarnya yang disebut Ultra All Screen.

Bagi kamu yang menginginkan vivo Y20s, siapkan bujet Rp3,1 juta untuk sebuah perangkat yang memiliki RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan, untuk perangkat berukuran RAM 4 GB dan ROM 128 GB berada di kisaran Rp2,5 juta. Sementara, vivo Y20s G saat ini dilempar ke pasaran dengan harga kisaran Rp2,6 jutaan dengan memori 4/128 GB.

Simpulan

Setelah pemaparan di atas dapat diambil benang merah kalau vivo Y20s memenangkan dalam kategori ruang penyimpanan baik RAM dan ROM-nya lebih beragam. Lain halnya dengan vivo Y20s G yang memborong piala untuk kategori performa yang lebih kencang, didukung dengan OS Android yang lebih baru, dan harga yang lebih terjangkau Rp500 ribu.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan antara vivo Y20s dengan vivo Y20s G. Semoga memberikan pencerahan bagi kamu yang tengah dilema memilih antara kedua ponsel pintar dari vivo ini. Ingin mengetahui informasi terbaru seputar dunia teknologi dan gadget? Jangan lupa untuk terus ikuti Wikimedan, yah!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *