Inilah, Cara Tepat Melancarkan Siklus Menstruasi

Pasang Iklan Disini

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak sama. Normalnya, menstruasi akan datang setiap 21 sampai 35 hari sekali. Adapun menstruasi disebut tidak teratur atau tidak lancar, yaitu ketika datang lebih awal atau datang lebih lama dari jadwal seharusnya. Untuk membantu kondisi wanita yang mengalami kendal seputar siklus haid yang tidak lancar, berikut ini ada beberapa cara melancarkan haid yang perlu wanita tahu:

Stamina tubuh yang kurang fit baik dikarenakan stres pikiran ataupun capek secara fisik, maka dikhawatirkan akan membuat siklus haid jadi berantakan/ tidak normal. Bisa saja haid akan datang lebih cepat ataupun lambat dari jadwal yang seharusnya.

Oleh karena itu, seorang wanita harus bisa menghilangkan stres pikiran atau capek secara fisik dengan cara beli istirahat yang cukup. Pasalnya, tidur cukup akan membantu tubuh lebih fit dan pikiran menjadi lebih rileks. usahakan wanita agar bisa tidur selama 7 sampai 8 jam dalam setiap malam.

  • Menjaga berat badan tubuh

Mungkin banyak yang tidak tahu, jika wanita yang memiliki badan terlalu kurus ataupun gemuk bisa membuat siklus menstruasi menjadi kacau. Untuk itu, wanita harus benar-benar dapat menjaga berat badannya agar siklus menstruasi tetap berjalan lancar setiap bulannya.

Untuk mencapai berat badan yang ideal, wanita bisa berkonsultasi langsung kepada dokter ahli gizi.

  • Alat kontrasepsi yang cocok

Hampir setiap wanita yang mengalami kendala siklus haid yang tidak lancar, dikarenakan menggunakan alat kontrasepsi yang tidak cocok. Oleh karena itu, sebelum wanita memasang alat kontrasepsi, sebaiknya konsultasikan dulu ke peran dokter alat KB seperti apa yang cocok dan minum efek samping terutama pada masalah siklus menstruasi.

Setiap wanita harus benar-benar memperhatikan siklus menstruasi setiap bulannya. Jika wanita mengalami perdarahan melalui vagina yang memanjang dan menyebabkan rasa sakit, itu artinya ia mengalami penebalan dinding rahim harus dikuret. Cara ini dilakukan untuk mengobati sekaligus mengangkat jaringan endometrium atau berupa pembersihan di dalam dinding rahim.

Semoga bermanfaat!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *