Inilah 4 Perbandingan Antara Whatsapp Dan Telegram

Daftar Indodax

Perbandingan Antara Whatsapp Dan Telegram. Adanya peraturan baru dari Whatsapp bikin netizen mulai mikir-mikir lagi untuk menggunakan aplikasi chat tersebut ke depannya. Pasalnya, Whastsapp seolah memaksa penggunanya untuk setuju ketika data-data mereka diteruskan pada Facebook yang merupakan induk perusahaan.

Menkominfo sendiri telah mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih medsos. Hal ini agar masyarakat bisa terhindar dari penyalahgunaan data pribadi yang tidak sesuai aturan. Kominfo sendiri sudah memanggil pihak Facebook dan Whatsapp Regional Asia Pasifik terkait hal tersebut. Masyarakat sendiri pun mulai oleng untuk ganti aplikasi chatting. Salah satu yang mulai diincar adalah Telegram. Sebenarnya dari dulu Telegram selalu digadang-gadang sebagai saingan Whatsapp, lantas, sebenarnya lebih kece mana sih Telegram atau Whastapp?

Fitur update status

Ilustrasi story WA [sumber gambar]Seperti kita ketahui, Whatsapp memiliki fitur untuk update status. Hal ini memungkinkan digunakan untuk membagikan pada sebagai sesama pengguna Whatsapp. Story yang dibagikan meliputi video berdurasi 30 detik, gambar, juga tulisan. Story di Whatsapp juga memungkinkan untuk memulai percakapan. Sementara itu, Telegram tidak memiliki fitur tersebut.

Telegram lebih unggul dalam berkirim file

Selama ini Whatsapp memang bisa dimanfaatkan untuk berbagi file, namun dengan ukuran yang sangat terbatas. Ukuran file dibatasi hanya sampai 100mb. Hal tersebut jelas kalah jika dibandingkan dengan Telegram yang bisa berkirim file hingga 1,5GB. Namun karena kelebihan tersebut, Telegram kerap disalahgunakan oleh pengguna yang kurang bertanggung jawab, nggak sedikit pengguna yang justru membentuk grup dan membagikan film-film secara ilegal.

Kebijakan data-data yang dikumpulkan

Nah, ini nih yang belakangan ini bikin pengguna agak ngeri sama Whatspp, pasalnya pihak mereka  mulai mewanti-wanti penggunanya untuk setuju dengan kebijakan baru, jika tidak akun Whatsapp tersebut pun akan dihapus. Whatsapp disebut-sebut akan  mengumpulkan data yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Telegram. Sementara itu, Telegram hanya mengumpulkan informasi, kontak pengguna, termasuk ID.

Jumlah anggota grup yang bisa dibentuk

Satu lagi keunggulan Telegram jika dibandingkan dengan Whatsapp, yaitu ketika pengguna membentuk grup. Jika Telegram menampung hingga 200 ribu member, Whatsapp justru terbatas hanya sampai 256 anggota. Perbedaan yang cukup jauh sih. Namun kembali pada pengguna juga, karena sejauh ini rata-rata pengguna sangat jarang memiliki kontak hingga ratusan ribu.

Baca juga : Telkom Imbau Netflix Gunakan Data Center di Indonesia

Itulah perbandingan antara Telegram dan Whatsapp. Masing-masing memang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.  Ngebahas soal peraturan baru, Whatsapp ternyata memutuskan untuk menunda peraturan baru mereka. Kemungkinan karena belakangan ini, peraturan tersebut jadi perdebatan. Jika kalian terlalu khawatir saat menggunakan Whatsapp, kira-kira sudah siap beralih ke Telegram?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *