Ini Ternyata Penyebab Penyakit Maag Alias Asam Lambung

Daftar Indodax

Penyakit asam lambung atau maag merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa memicu kematian. Maka dari itu, penderita penyakit ini harus segera dilakukan perawatan medis sebelum penyakit menjadi kronis atau parah.

Mencegah asam lambung masih lebih baik daripada mengobati apalagi tingkat kesembuhan tidak 100%. Nah, tips cegah asam lambung pertama adalah menghindari penyebabnya yang kronis. Maka dari itu, silakan simak penyebab asam lambung yang harus dihindari di bawah ini:

1. Pola Makan Tidak Teratur

Penyebab asam lambung yang pertama adalah pola makan tidak teratur. Maksudnya waktu makan tidak sama di setiap harinya, kadang tiga kali sehari, dua kali sehari, bahkan sekali waktu hanya satu kali makan untuk satu hari.

Pola makan seperti ini berpotensi meningkatkan asam di lambung akibat tidak adanya makanan yang bisa dicerna sehingga sisa asam membuat lambung terluka. Ini yang melahirkan rasa nyeri, kembung dan begah yang merupakan gejala penyakit asam lambung.

Jika ingin terhindar dari asam lambung pola makan harus teratur. Jika tiga kali sehari biasakan dengan waktu tersebut tidak ditambah dan tidak juga dikurangi. Ini lebih aman karena asam sebagai zat pencerna bisa bekerja dengan baik tanpa mengiritasi organ.

2. Kebiasaan Makan Makanan Bersantan dan Minum Kopi

Penyakit asam lambung juga disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi di luar batas adalah seluruh makanan bersantan yang sangat kental.

Minum kopi saat perut kosong juga berpotensi meningkatkan produksi asam lambung yang jika kadarnya tidak terlalu banyak bisa memicu perut begah. Keduanya sama gangguan yang harus dihindari karena jika dibiarkan bisa memicu penyakit yang lebih berbahaya.

3. Makanan Tidak Hiegenis

Penyebab penyakit asam lambung atau maag ketiga adalah makanan tidak hiegenis baik dari segi jenis, bahan hingga teknik memasaknya. Ini penyebab paling sering dialami oleh anak-anak karena mereka tidak selektif ketika memiliki makanan yang akan dimakannya.

Penyakit asam lambung terkadang dikarenakan oleh ulah bakteri yang masuk ke dalam organ lambung. Sedangkan unsur pembawanya sebagian besar adalah makanan yang dikonsumsi oleh manusia yang tingkat kebersihannya tidak terjamin.

Maka dari itu, jika ingin mencegah asam lambung pastikan makanan bersih dan hiegenis. Jika tidak menemukannya, bisa makan makanan rumahan saja karena cara memasaknya lebih bagus dan bahan-bahan alami telah dicuci bersih.

4. Malas Untuk Makan Buah dan Sayur

Menurut medis buah dan sayur adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Sebab, di dalamnya terdapat fitonutrien ideal seperti vitamin C, kalsium, omega, asam amino dan ribovlafin. Senyawa yang memang dibutuhkan untuk melancarkan metabolisme.

Salah satu manfaat buah dan sayur adalah menyehatkan saluran pencernaan yang salah satunya adalah lambung. Paling tidak, vitamin C yang dikandung buah dan sayur bisa melindungi lambung dari iritasi akibat bakteri dan jamur.

Nah, jika malas makan sayur dan buah, tentu lambung berpotensi mendapatkan masalah apalagi jika Anda sering terlambat untuk makan. Gejalanya adalah perut terasa perih karena asam berhasil melukai lambung.

5. Depresi dan Stres Akut

Ada medis yang menyatakan kalau peningkatan asam lambung tidak hanya akibat bakteri tetapi juga akibat abnormalitas hormonal di dalam otak. Sedangkan salah satu penyebabnya adalah stres akut atau depresi.

Ini juga yang menjadi alasan argumen kalau penyakit yang berbahaya adalah penyakit “pikiran” karena yang muncul akibat stres tidak hanya maag tetapi juga stroke dan hipertensi alias penyakit tekanan darah tinggi.

6. Akibat Efek Samping Obat Berbahan Kimiawi

Penyebab penyakit maag yang terakhir adalah efek samping obat berbahan kimiawi yang diminum tanpa dosis dokter. Terutama obat non topical yang biasanya berbentuk kapsul atau sirup dan terkenal sebagai obat aktif dan keras.

Jika ingin terbebas asam lambung berhati-hatilah ketika mengkonsumsi obat semacam ini. Lebih baik konsumsi sesuai aturan pakai yang tertera di label kemasan atau mendatangi dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Itulah beberapa penyebab maag atau asam lambung yang harus dihindari jika ingin lambung sehat hingga usia tua. Jangan lupa pula mengecek kesehatannya dengan cara mendatangi dokter dua bulan sekali untuk mengetahui kondisi terkini dari lambung Anda.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *