Ini Telepon Satelit Android Pertama di Dunia

Jakarta, Wikimedan – Berbeda dengan telepon GSM, telepon satelit menggunakan jaringan satelit untuk berkomunikasi. Karenanya, area yang dijangkau sangat luas, khususnya daerah terpencil.

Telepon satelit banyak digunakan untuk petualangan, pengeboran lepas pantai, militer, operasi penyelamatan, kapal laut, atau mereka yang bekerja di daerah terpencil.

Nah, bagaimana jika telepon satelit digabungkan dengan telepon pintar berbasis Android? Hasilnya adalah Thuraya X5 Touch.

Thuraya baru saja mengungkap smartphone Android pertamanya, X5-Touch. Seperti setiap produk dari perusahaan ini, ini adalah telepon satelit.

Thuraya X5 Touch juga merupakan smartphone normal yang tidak terlihat seperti smartphone biasa.

Smartphone memiliki layar IPS 5,2 inci, chipset Snapdragon 625, RAM 2GB, penyimpanan 16GB yang dapat diperluas, kamera belakang 8MP, snapper selfie 2MP, dan baterai 3,800 mAh.

Sayangnya, Thuraya X5 Touch menjalankan OS lawas Android 7.1 Nougat.

Beratnya 262g dan dilengkapi dengan sertifikat IP67 dan tahan air dan debu serta sertifikasi MIL-STD-810 karena mampu menahan kondisi ekstrim.

X5-Touch memiliki NFC on board dan mendukung navigasi melalui GPS, BeiDou, dan GLONASS.

Untuk panggilan satelit, ada antena yang bisa dicabut, dan telepon memiliki fungsi dual-SIM yang selalu aktif dengan satu SIM yang bekerja pada jaringan 2G/3G/4G dan yang lainnya menangani satelit.

Thuraya X5-Touch akan tersedia di 160 negara seharga £999 atau setara Rp16,6 juta.

Perusahaan mengatakan Thuraya X5 Touch akan keluar pada bulan Desember, dan pasar tertentu (seperti Inggris) pada akhir Januari.

Kategori : Berita Teknologi

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *