Ini Ramalan BMKG Soal Awal Musim Hujan di RI

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Ini Ramalan BMKG Soal Awal Musim Hujan di RI. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awal musim hujan di Indonesia tidak terjadi secara bersamaan.

Hingga pertengahan Oktober tahun ini, beberapa zona musim (ZOM) sudah mulai masuk musim hujan. Itu termasuk wilayah sebagian Aceh, Sumatra Utara, sebagian besar Riau, dan Sumatra Barat.

“Jadi secara umum di sebagian Sumatra, termasuk Bengkulu, sebagian Kalimantan sudah mulai,di Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua, ini sudah mulai awal musim hujan di bulan Oktober,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam webinar bertajuk Kapan Musim Hujan akan Datang, Sabtu (28/10/2023).

Sementara sebagian besar musim hujan akan dimulai pada bulan November, seperti di Jawa, selatan Sumatra, selatan Kalimantan, dan sebagian Papua. Kemudian berlanjut di bulan Desember.

Dia menyebut bahkan satu pulau pun bisa berbeda awal musim hujannya, tergantung posisi koordinat bujur wilayah tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada 446 ZOM yang musim hujannya mengalami mundur dibandingkan normalnya, rata-rata mundur sekitar 3 dasarian.

“Yang mundur lebih dari 3 dasarian itu sebagian besar wilayah yaitu 64 persen termasuk di sebagian Jawa, sebagian Sumatra Selatan dan sebagian Kalimantan Selatan itu mengalami mundur,” jelasnya.

“Kalau yang (musim hujannya) maju sedikit, maju 1 dasarian di sekitar Kalimantan Timur, di sebagian Sulawesi Utara dan Tengah, serta sebagian di Sulawesi,” imbuh dia.

Sementara itu, puncak musim hujan periode 2023/2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024 yaitu sebanyak 385 ZOM (55,08%).

Jika dibandingkan terhadap normal puncak musim hujan, puncak musim hujan di sebagian besar daerah diprakirakan sama dengan normalnya yaitu sebanyak 351 ZOM (50,21%). Sedangkan wilayah lainnya diprakirakan mundur terhadap normal yaitu sebanyak 203 ZOM (29,04%) dan maju terhadap normal yaitu sebanyak 145 ZOM (20,74%)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *