Ini Ciri QRIS Aman Anti Tipu-tipu

Pasang Iklan Disini

WikimedanIni Ciri QRIS Aman Anti Tipu-tipu. Belum lama ini sempat viral kasus seseorang yang menempelkan QRIS (rekening pribadi) di atas QRIS untuk beberapa masjid. Lalu bagaimana membedakannya?

Fitria irmi Triswati, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, menjelaskan salah satu ciri penyalahgunaan QRIS adalah melihat dari nama merchant. Nama QRIS yang bermasalah bisa saja berbeda dari nama merchant atau menampilkan nama individu.

“Ciri-ciri kita scan keliatan bukan nama merchant, kok enggak sama atau nama individu,” kata Fitria di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Sementara dari pihak merchant, dia mengimbau untuk selalu melakukan pengecekan berkala untuk menghindari QR code telah ditempel dengan yang lain. Yakni dengan memindai QRIS yang dimiliki itu sendiri.

Termasuk juga menurutnya dengan mengecek apakah QRIS masih merujuk pada rekening yang didaftarkan sebelumnya.

“Dari pihak merchant ciri-cirinya nya QRIS sudah diganti atau tidak, harus cek dengan scan sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan tidak ada istilah QRIS palsu. Namun menurutnya merujuk pada alamat palsu.

QRIS terkait masalah ini asli serta melakukan pendaftaran. QR code inilah yang ditempel pada mesjid tersebut, namun saat dipindai akan masuk ke alamat pelaku.

Dalam kesempatan itu dia meminta untuk tetap menggunakan QRIS. Namun tetap mengimbau selalu waspada saat menggunakannya.

“Kami menghimbau tetap menggunakan QRIS dengan waspada. Berterima kasih dengan masjid melakukan langkah dengan baik lihat CCTV dan melapor,” jelasnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *