Ini 3 Tanda Anda Harus Berhenti Olahraga dan Melanjutkan di Sesi Lainnya

Olahraga dikenal mampu membawa berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berkat rutin berolahraga pula, tubuh bisa jauh lebih bugar. Namun, olahraga bisa dikatakan baik bila dilakukan dalam waktu yang cukup, alias tidak kekurangan atau bahkan berlebihan. Bagaimana cara mengetahui kalau olahraga yang Anda lakukan sudah cukup?

Tanda olahraga yang dilakukan sudah cukup

Jika dilihat dari lama durasinya, Anda dikatakan cukup olahraga ketika sudah menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Namun, waktu bukanlah satu-satunya patokan untuk menentukan bahwa olahraga yang Anda lakukan sudah cukup.

Dengan memerhatikan serta merasakan adanya perubahan pada fisik, sebenarnya Anda dapat menilai sendiri kapan harus berhenti olahraga dan kapan harus tetap melanjutkannya.

Agar lebih mudah mengenalinya, berikut beberapa tanda bahwa olahraga yang Anda lakukan sudah cukup:

1. Tubuh tidak terlalu lelah

Gampang capek, stres, hingga badan terasa pegal-pegal merupakan segelintir tanda Anda kurang olahraga. Sedangkan olahraga yang terlalu keras atau berlebihan, dapat membuat Anda susah tidur hingga mengalami nyeri otot dan sendi yang tidak kunjung hilang.

Sebelum energi tubuh benar-benar menipis atau Anda merasa seolah tidak sanggup lagi melanjutkan olahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan tersebut. Olahraga yang cukup dan benar seharusnya membuat tubuh terasa segar dan lebih fit.

Sebaliknya, ketika yang Anda rasakan justru badan pegal dan capek semakin lama berolahraga, tandanya olahraga yang Anda lakukan sudah berlebihan.

2. Mampu berbicara dengan orang lain selama olahraga

Olahraga yang dilakukan berlebihan atau di luar kemampuan Anda, biasanya akan membuat Anda merasa sangat lelah. Saking lelahnya, berbicara dengan teman yang sama-sama sedang berolahraga pun rasanya tidak sanggup.

Ambil contohnya ketika sedang joging santai di taman. Jika Anda sudah melakukan joging beberapa putaran dan tubuh sudah cukup kehabisan energi, Anda mungkin tidak mampu lagi untuk berbincang dengan orang lain.

Padahal sebelumnya di awal joging, Anda tidak segan untuk menjawab maupun bertanya dengan teman yang juga sedang berolahraga. Biasanya, hal ini dilakukan agar tidak terlalu merasa lelah selama berlari santai.

Nah, cara ini bisa Anda jadikan untuk mengukur kemampuan diri sendiri, sehingga bisa mengetahui kapan olahraga yang dilakukan sudah cukup. Seperti dikutip dari laman Harvard Health Publishing.

Anda dikatakan berolahraga terlalu keras ketika tidak mampu melakukan kegiatan lain selain berolahraga, tapi dengan intensitas olahraga yang justru semakin melambat. Itu artinya, olahraga sudah cukup dan bisa segera Anda hentikan.

3. Gerakan olahraga tidak mengalami perubahan

Mungkin Anda saat ini sedang rutin mengikuti olahraga yoga, lari, atau bahkan boot camp. Coba perhatikan selama kegiatan tersebut berlangsung.

Jika olahraga yang Anda lakukan sudah cukup, biasanya tidak ada perkembangan yang signifikan pada gerakan Anda. Dengan kata lain, sebenarnya Anda sudah memahami olahraga tersebut dengan baik.

Misalnya pada yoga. Di awal melakukan yoga mungkin Anda merasa fleksibilitas tubuh semakin berkembang setiap kali Anda selesai melakukannya.

Namun lama-lama, Anda mungkin tidak lagi merasakan peningkatan fleksibilitas ketika olahraga yang dilakukan sudah cukup. Atau ketika Anda sudah terbiasa berlari pada kecepatan yang sama, Anda mungkin merasa tingkat intensitas tersebut sudah cukup untuk tubuh Anda.

Kuncinya, ada pada intensitasnya. Jika memungkinkan, Anda bisa menambah intensitas kecepatan lari ke tingkat yang lebih tinggi.

Lama waktu olahrga setiap orang tidak selalu sama

Meski 30 menit dinilai sebagai durasi ideal untuk berolahraga dalam sehari, tapi waktu tersebut bisa sedikit berbeda tergantung dari berat badan Anda. Semakin tinggi berat badan Anda, biasanya waktu olahraga juga akan semakin lama.

Begitu pula bila berat badan Anda terbilang ringan, maka waktu olahraga cenderung lebih singkat. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal.

30 menit bisa dibilang sebagai waktu olahraga pada umumnya bahkan mungkin Anda memerlukan waktu 60 menit. Waktu maksimal yang sebaiknya Anda lakukan selama berolahraga adalah 90 menit dalam sehari, terutama bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih. 

Setelah mencapai waktu tersebut, olahraga yang Anda lakukan baru dikatakan sudah cukup dan bisa dihentikan. Jadi, ada baiknya kenali sejauh mana kemampuan tubuh Anda sendiri selama melakukann olahraga.

Baca Juga:

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *