Ikut-Ikutan Apple, Saham Xiaomi Anjlok

Jakarta, Wikimedan – Saham Apple turun 34% dari posisi puncak. Anjloknya saham perusahaan dipicu pengumuman CEO Apple Tim Cook pekan lalu yang memutuskan untuk menurunkan target pendapatan kuartal pertama fiskal karena lemahnya penjualan iPhone di China.

Keesokan harinya, saham jatuh hampir 10% lebih rendah, dan sekarang sedang berjuang merangkak untuk merebut kembali poin-poin yang melayang.

Di belahan dunia lain, Xiaomi yang pernah disebut sebagai Apple-nya China, ternyata juga sedang mengalami penyesuaian valuasi. Dikutip dari PhoneArena (10/1) selama tiga hari terakhir, saham perusahaan turun 17%, kehilangan $6,2 miliar (setara Rp87 triliun) dari kapitalisasi pasar Xiaomi.

Analis saham setempat menyebut terjungkalnya saham Xiaomi dikarenakan perusahaan telah memangkas estimasi pendapatan produsen di divisi smartphone.

Analis lainnya menyebut ekonomi China yang tengah melambat menjadi penyebabnya serta persaingan ketat dari perusahaan smartphone Tiongkok lainnya seperti Huawei.

Xioami sekarang bernilai $238 miliar (setara Rp3.336 triliun) dan diperdagangkan setinggi HK $22,20 (setara Rp311.000) awal tahun ini.

Kategori : Berita Teknologi

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *