Harga Karet Melesat 3% Lebih! Ada Apa Ya?

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Harga Karet Melesat 3% Lebih! Ada Apa Ya? Harga karet berjangka naik mencapai level tertinggi dalam 2 bulan. Harga minyak mentah dunia yang meroket jadi pendorong dari laju harga karet siang ini.

Pada Rabu (19/1/2021) pukul 14:36 WIB harga karet berjangka Jepang tercatat JPY 250/kg, melesat 3,22% dari harga kemarin.

Harga minyak dunia terus menguat selama empat hari beruntun dan mencapai harga tertinggi sejak 7 tahun. Ini karena kendala aliran minyak dari Irak ke Turki.

Atas kejadian itu, investor khawatir pasokan minyak makin tergerus di tengah kebijakan yang ketat. Selain itu juga masalah geopolitik antara Rusia dan Uni Emirat Arab turut menambah kecemasan akan pasokan minyak mentah di pasar.

Harga minyak jenis brent berada di US$ 86,07/barel. Sementara jenis light sweet harganya US$ 86,08/barel.

Tingginya harga minyak mentah dunia berpengaruh positif terhadap karet alam. Sebab barang substitusinya, karet sintetis, akan dihargai lebih mahal akibat bahan bakunya yaitu minyak mentah pun semakin mahal. Harapannya minat terhadap karet alam membesar dan kenaikan harga akan mengikuti.

Namun, risiko datang dari konsumen utama karet yakni industri otomotif yang bisa menahan laju harga karet.

Toyota Motor Corp memperkirakan akan target produksi tahunan 9 juta kendaraan akan meleset karena krisis semikonduktor yang belum mereda. Ini akan mengurangi permintaan karet global.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *