Grosjean Dijatuhi Penalti Grid Usai Dinilai Menghambat Laju Norris

Berita F1: Romain Grosjean dijatuhi penalti grid mundur tiga tempat setelah dinilai menghambat laju Lando Norris pada saat kualifikasi Formula 1 GP Bahrain, Sabtu (30/3).

Romain Grosjean mampu menuntaskan sesi kualifikasi dengan mencetak waktu tercepat kedelapan, tapi pebalap Haas itu harus memulai balapan dari grid ke-11 setelah dianggap bersalah lantaran terbukti menghambat laju Norris di babak Q1.

Stewards GP Bahrain menilai Grosjean melaju terlalu lamban dan menghambat Norris yang sedang melakukan hotlap di tikungan terakhir.

Insiden tersebut sebenarnya tidak mempengaruhi hasil kualifikasi Norris secara keseluruhan. Pebalap McLaren itu tetap bisa menembus hingga babak Q3 dan mengisi urutan kesepuluh pada awal balapan nanti.

Sementara itu, dengan penalti yang diterima Grosjean, maka Norris akan start dari posisi kesembilan. Tak hanya itu, pebalap Haas itu juga mendapat hukuman dengan diganjar satu poin penalti.

Pebalap asal Prancis saat ini sudah mengumpulkan delapan poin penalti dalam 12 bulan terakhir. Ini berarti ia hanya terpaut empat poin lagi sebelum mendapat larangan satu balapan.

Dalam laporan yang dirilis stewards, Grosjean mengaku bahwa dirinya sudah berniat memulai hotlap tapi tersalip pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, sehingga ia memelankan lajunya untuk membuka jarak.

Ia juga mengungkapkan tidak mendapat informasi dari timnya soal kedatangan Norris yang melaju kencang di belakangnya. Dilaporkan perbedaan kecepatan antara kedua mobil tersebut adalah 136 km/jam, yang memaksa Norris untuk melakukan manuver menghindar.

Artikel Tag: GP Bahrain, Romain Grosjean, lando norris

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *