Giliran Asosiasi Pesepakbola Spanyol Tolak La Liga di Amerika


Berita Liga Spanyol, La Liga, Javier Tebas
Berita Liga Spanyol – Asosiasi Pesepakbola Spanyol (AFE) ikut menolak rencana gelar La Liga di Amerika Serikat.

Wikimedan – Rencana La Liga untuk menggelar laga di Amerika Serikat kembali menuai penolakan. Kini, Asosiasi Pesepakbola Spanyol (AFE) secara resmi menolak ‘Rencana Miami’ Ketua La Liga, Javier Tebas.

AFE bahkan telah mengirim surat penolakan kepada pihak La Liga bahwa mereka menolak ide untuk menggelar pertandingan Liga Spanyol di Amerika Serikat. Rencana terdekat, menggelar laga antara Girona melawan Barcelona di AS pada Januari mendatang.

Rencana itu dimuluskan La Liga setelah mereka mencapai kesepakatan dengan Relevent Sports untuk sponsor liga di Amerika Utara selama 15 tahun ke depan. AFE pun bergabung dengan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) yang juga sama-sama menolak ide tersebut. Javier Tebas pun terus hadapi penolakan terkait rencana itu.

La Liga Ajak Duduk Bersama

Selain itu, AFE telah mempublikasikan pengumuman pada hari ketika mereka akan mulai menegosiasikan kesepakatan kolektif baru. Javier Tebas telah mengundang para wakil pihak-pihak yang tak setuju untuk duduk bersama pada Senin (24/9) siang waktu setempat, serta tanggal 31 September dan 1 Oktober. Perjanjian bersama saat ini berlaku sampai 30 Juni 2020, namun AFE katakan tak mau duduk dengan pesaingnya menyatakan ini sebagai alasannya.

Keputusan dan pernyataan AFE ini tidak mengikat, namun tetap penting. Sejauh ini, Javier Tebas hanya mendapat dukungan dari klub yang terlibat, sebagian dari suporter mereka dan operator televisi. Selain itu, ia perlu izin pemerintah dan RFEF, yang mengatakan ‘ada peluang 0 persen tandingan tersebut dimainkan di Miami’. Selain itu, La Liga juga butuh ijin dari UEFA, Concacaf dan USSF di Amerika.

Sementara Javier Tebas, sejauh ini dikabarkan tetap positif dan mengatakan ‘ada kemungkinan 90 persen permainan akan berlangsung di sana’.

Adapun pernyataan penolakan AFE, yakni ‘Asosiasi Pesepakbola Spanyol (AFE) ingin mengungkapkan hal berikut setelah menerima rincian pertandingan antara Girona-Barcelona yang ingin dimainkan LaLiga di Miami pada 2019:

  • AFE telah memberi tahu LaLiga bahwa informasi yang disebutkan tidak merinci unsur-unsur pasal 8, 9 dan 37 dari Perjanjian Kolektif tidak akan dilanggar.
  • AFE juga mengingatkan, pada saat ini tidak ada persetujuan peraturan untuk pertandingan tersebut untuk dimainkan di Amerika Serikat.
  • Karena itu, dengan tidak adanya informasi yang disebutkan di atas, AFE telah menghubungkan La Liga dengan ketidaksesuaian dalam permainan.
Advertisement

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *