Gejala Serta Cara Mengatasi Mata Katarak

Pasang Iklan Disini

Gejala Serta Cara Mengatasi Mata Katarak. Mata menjadi indra yang paling penting dimiliki oleh manusia, sebab dengan mata yang sehat maka dapat melihat dunia dengan jelas. Sehingga mata haruslah dirawat dan dijaga agar bisa dipergunakan sesuai fungsinya, salah satu penyakit mata yang sangat sering dialami adalah katarak.

Mata katarak sendiri merupakan kondisi lensa mata yang menjadi keruh, kekeruhan lensa mata ini terjadi akibat lensa yang terbentuk dari protein secara alami mengalami proses pengerasan dengan bertambahnya usia. Lensa mata memiliki fungsi membantu fokus cahaya jatuh pada retina sehingga dapat melihat gambar secara jelas, setelah lensa menjadi keruh maka membuat penglihatan juga menjadi buram.

Walaupun penyakit ini sering dikatakan sebagai penyakit orang tua alias penyakit yang sering menyerang usia lanjut. Namun sebenarnya penyakit mata ini juga bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak yang apabila dibiarkan akan menyebabkan dampak yang serius yakni kebutaan.

Secara umum proses berlangsungnya penyakit mata ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi menurunkan kualitas hidup seseorang sebab akan membuat penglihatan menjadi buram sehingga membutuhkan penanganan agar dampaknya tidak semakin parah. Penyakit ini muncul secara alami dengan perkembangan yang tidak bisa dihambat, namun bisa untuk ditangani dengan tepat.

Tidak hanya orang terdiagnosa katarak yang harus mengetahui cara penanganan tetapi orang sehatpun harus antisipasi dengan mengenali gejala awalnya. Berikut akan dijelaskan gejala serta cara penanganan yang tepat agar tidak memperparah kondisi.

Gejala Mata Katarak

Sebagai bentuk antisipasi maka diwajibkan untuk mengenali gejala awal mata katarak sehingga bisa ditangani sejak dini. Berikut ini beberapa gejala awal yang dirasakan penderita penyakit mata buram ini.

Penglihatan Kabur

Tanda pertama yang paling umum terjadi adalah penglihatan menjadi tidak jelas (buram) sebab katarak menjadikan lensa mata keruh akibat adanya lapisan pengerasan protein. Sehingga menyebabkan penglihatan gambar menjadi buram.

Penglihatan Ganda

Ketika mengalami katarak maka penglihatan tidak hanya buram tetapi juga bisa menjadi ganda, artinya objek yang biasanya Anda lihat hanya satu kini menjadi dua objek bayangan yang saling tumpang tindih.

Sulit Melihat Di Malam Hari

Biasanya ketika malam hari seseorang dengan penyakit mata katarak ini sulit untuk melihat objek-objek. Bahkan tidak hanya buram tetapi tidak dapat melihat objek benda sebab penyakit ini menyebabkan kesulitan melihat dicahaya rendah dan terjadi perubahan cahaya secara signifikan.

Perubahan Warna

Dari beberapa orang yang mengalami katarak beberapa diantany mengaku mengalami persepsi perubahan warna. Misalnya warna objek merah bergeser menjadi warna pink, hal ini karena cahaya yang jatuh tidak tepat pada retina sehingga perubahan persepsi warna ini terjadi.

Penglihatan Sangat Silau

Seseorang dengan mata katarak sangat tidak betah berada pada kondisi matahari yang sangat cerah sebab membuat penglihatan menjadi sangat begitu silau.

Mata Katarak

Cara Penanganan Katarak

Katarak bukan merupakan penyakit yang bisa diremehkan sehingga ketika mengalami beberapa gejala maka memerlukan penanganan yang tepat seperti berikut

Ubah Pola Hidup Sehat

Apabila Anda masih berusia produktif maka sangat dianjurkan untuk Anda mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Sebab gaya hidup sehat bisa memperlambat timbulnya katarak, beberapa gaya hidup seperti menggunakan kacamata hitam diluar ruangan, menjaga tekanan dan gula darah, tidak merokok, dan gaya hidup lainnya.

Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Berkala

Untuk menghindari penyakit mata ini maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mata secara berkala dan rutin. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi jika Anda sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit diabetes.

Dengan penanganan yang tepat maka Anda bisa terhindar dari katarak dan mendapatkan kualitas hidup yang baik. Salah satu tempat perawatan mata terkenal dengan kualitas alat dan dokter  terbaik yang dimiliki adalah KMN EyeCare

Share :