Gading-Gisel Cerai, Ini yang Akan Terjadi Pada Gempi Menurut Psikolog

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Kabar keretakan rumah tangga Gisella Anastasia dengan Gading Marten memang membuat publik kaget. Tak sedikit masyarakat yang menyayangkan proses cerai dari kedua selebriti itu, yang selalu tampak romantis dan kompak. Terlebih, usia anak Gading-Gisel, Gempita Nora Marten yang masih kecil. Rasa sedih dan sayang pun diungkapkan netizen terhadap Gempi.

Lalu bagaimana nasib Gempi setelah Gading-Gisel resmi bercerai?

Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie menjelaskan biasanya anak-anak di bawah usia 12 tahun, pada saat orang tua bercerai, maka anak akan ikut ibunya. Kecuali, lanjutnya, ibunya menyerahkan hak asuh dan dengan alasan lain.

“Misalnya ada gangguan jiwa, atau tak kompeten urus anak. Tak kompeten urus anak itu misalnya sang ibu suka dugem, track recordnya enggak benar. Termasuk selingkuh itu dianggap tak baik utuk anak,” jelas Liza kepada Wikimedan baru-baru ini.

Menurut Liza, apapun kasusnya, perceraian atau pasangan yang sedang di ambang pisah pasti menyebabkan trauma pada anak. Apalagi sang buah hati masih kecil.

“Namun, cerai atau tidak, pasti efek negatif terjadi ke anaknya. Ada yang berusaha mempertahankan tapi berantem-berantem terus. Anaknya jadi saksi kekerasan. Engga bagus juga kan,” jelas Liza.

Jikapun rumah tangga dipertahankan, kata dia, tetap akan mempengaruhi psikis anak jika di dalam rumah tangga terjadi konflik. Perang dingin atau saling diam, saling sinis, berkata kasar, hingga memukul.

“Kondisi ini enggam enak dan enggak bagus untuk psikologis psikis pada anak,” ujar Liza.

Sehingga Liza menegaskan tak bisa juga mengikuti kemauan warganet yang mengingunkan mereka jangan berpisah demi Gempi jika kondisi di dalam rumah tangga juga sudah tak sehat. Maka Gading dan Gisel, kata Liza, harus memilih keputusan terbaik mana dampak yang paling minimal untuk anak.

“Baik bertahan atau bercerai, efek pda sai anak yang perlu ditelaah kira-kira yang mana. Konsekuensi mana yang paling minimalis. Jangan-jangan dengan bercerai malah bisa lebih damai, komunikasi dan komitmen lebih bersahabat. Malah jadi kayak temen sama-sama urus anak bareng meski tak satu atap,” tegasnya.

Perlu diketahui, Gisella Anastasia mendaftarkan gugatan cerai di PN Jakarta Selatan, Senin (19/11). Baik Gisel maupun Gading telah angkat bicara mengenai perceraian mereka lewat akun Instagram masing-masing. Keduanya berterima kasih dan meminta maaf untuk kabar yang tak mengenakan ini. Mereka pun meyakinkan kalau akan selalu ada dan membuat keputusan yang terbaik untuk sang buah hati, Gempi.

(ika/JPC)


Kategori : Berita Nasional

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *