Fabio Fognini Pastikan Rafael Nadal Pulang Tanpa Gelar Monte Carlo Open

Berita Tenis: Fabio Fognini memperlihatkan salah satu performa terbaik dalam kariernya demi menaklukkan juara 11 kali di Monte Carlo Open, Rafael Nadal dengan 6-4, 6-2.

Petenis berkebangsaan Italia, Fognini mengklaim 11 dari 14 game dari kedudukan 1-3 di set pertama demi menundukkan Nadal dalam waktu 1 jam 36 menit yang mengantarkannya ke final turnamen Masters 1000 pertama dalam kariernya.

Kemenangan keempat Fognini dari 15 pertemuan melawan Nadal mengakhiri 18 kemenangan pertandingan beruntun Nadal di Monte Carlo. Fognini bergabung bersama Novak Djokovic sebagai satu-satunya petenis yang mengalahkan Nadal di Monte Carlo setelah perempatfinal.

Untuk kali kedua dalam kariernya, petenis peringkat 18 dunia, Fognini mengklaim kemenangan atas petenis peringkat 2 besar setelah mengalahkan petenis peringkat 1 dunia, Andy Murray di Roma musim 2017.

Fognini yang telah mengoleksi delapan gelar, menjadi petenis keempat yang behasil mengalahkan Nadal di Monte Carlo setelah Djokovic, David Ferrer, dan Guillermo Coria. Fognini juga menjadi petenis keempat yang mengklaim tiga atau lebih kemenangan atas Nadal di clay-court, mengikuti jejak langkah Djokovic, Dominic Thiem, dan Gaston Gaudio. Fognini sebelumnya mengalahkan Nadal di dua turnamen clay-court, Rio Open dan Barcelona Open.

Nadal membuka set pertama dengan cukup meyakinkan setelah merebut keunggulan 3-1. Tetapi, dari kedudukan tersebut Fognini bekerja keras untuk mengejar ketertinggalannya, bahkan membalikkan keadaan setelah menyambar keunggulan 5-4. Di game selanjutnya, Fognini mempertahankan serangannya dan menyerang area net untuk merebut set pertama.

Di set kedua, Fognini mempertahankan momentumnya dengan mengklaim keunggulan 5-0. Dengan kemampuan mumpuninya, Nadal berusaha keras menahan laju Fognini dengan merebut dua game dan mengamankan tiga match point secara beruntun sebelum akhirnya menyerah kepada Fognini.

Fognini akan bertemu Dusan Lajovic untuk kali pertama demi memperebutkan gelar Monte Carlo Open musim ini setelah petenis berkebangsaan Serbia tersebut mengalahkan petenis muda Rusia, Daniil Medvedev dengan dua set langsung.

Untuk kali pertama sejak turnamen Masters 1000 dimulai pada tahun 1990, Monte Carlo Open akan menampilkan dua petenis yang baru pertama kali tampil di final Monte Carlo.

Artikel Tag: Tenis, Monte Carlo Open, Fabio Fognini, Rafael Nadal, Dusan Lajovic

Komentar
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *