EURUSD Naik Ringan Cenderung Stabil, Menunggu Data Eropa dan Berita Stimulus AS

Daftar Indodax

Berita Cryptocurrency – Pergerakan mata uang Euro hari ini tampak hanya bergerak dalam ksiarna yag terbatas melawan Dolar AS menjelang pembukaan pasar Erpa hari Rabu (16/12). Meskipun sebenarnya dibandingkan pembukaan tadi pagi, EURUSD hari ini sudah mencetak kenaikan ringan 0,10%. Sayangnya pasangan belum mampu keluar dari pergerakan ruang sempit di sekitar 1,2059 sampai 1,2178.

Sementara itu tampaknya mata uang Euro hari ini berupaya memanfaatkan aksi pelemahan Dolar AS lebih lanjut. Indeks Dolar AS sebagai pengukur kekuatan greenback terhadap beberapa mata uang utama global turun ke titik palng rndah 32 bulan. Hal ini mungkin yang membantu pasangan EURUSD mampu naik meskipun sangat ringan ditengah sikap hati-hati pasar global.

Salah satu beban berat yang harus ditanggung oleh Dolar AS adalah peluang stimulus ekonomi AS yang terus meningkat tinggi. Walaupun hasil akhir pembicaraan dana stimulus tiu masih belum disampaikan, para pelaku pasar tetap menunggungu. Sikap menunggu ini yang membuat sebagian besar aset global berkonsoldiasi. Jika memang dana itu disetujui, maka bisa menyebabkan Dolar AS anjlok lebih dalam lagi. Karena ekspektasi inflasi bias naik dan Dolar AS kehilangan nilainya.

Dari sisi lain, Euro hari ini juga sedang menunggu rilis data utama kawasan Eropa. Nanti siang Jerman dan kawasan Erpa akan merilis data mengenai IMP. Data ini akan digunakan untuk mencari petunjuk bagaimana kondisi ekonomi kawasan tersebut.

Kathy Lien yang berasal dari BK Asset Invesment mengatakan dengan adanya lockdown di kawasan Erpa, maka memaksa IMP bisa turun lebih rendah. Namun komponen ekspektasi IFO bisa aik akrena adanya sikap optimis pada vaksin. Sehingga berita ekonomi IMP itu akan sangat ditunggu. Selain itu beberapa data ekonomi dari AS dan pertemuan The Fed akan ditunggu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *