Emas Naik Selama Kemajuan Stimulus AS, Kegilaan Perak Menyusut

Daftar Indodax

Emas naik pada Rabu pagi di Asia, di tengah meningkatnya harapan langkah-langkah stimulus AS lebih lanjut.

Emas berjangka naik 0,41% menjadi $ 1,840,95 pada 5:39 GMT.

Anggota parlemen Demokrat di Senat AS memulai perdebatan tentang resolusi anggaran fiskal 2021 dengan instruksi pengeluaran bantuan COVID-19. Ini adalah langkah pertama untuk meloloskan paket stimulus $ 1,9 triliun yang diusulkan oleh Presiden Joe Biden, dan indikasi bahwa majelis mayoritas Demokrat akan mengajukan rancangan undang-undang tersebut tanpa dukungan dari Partai Republik.

Sementara itu, harga perak rebound dari penurunan lebih dari 8% selama sesi sebelumnya. Meskipun penurunan tersebut mendorong minat investor, reli berbasis media sosial yang dimulai selama minggu sebelumnya tampaknya telah gagal.

Harga naik ke $ 30,03 pada hari Senin, titik tertinggi sejak Februari 2013, setelah investor menanggapi seruan di forum WallStreetBets Reddit membanjiri pasar dalam sebuah gerakan yang tidak berbeda dengan permainan GameStop yang menekan saham.

“Kegilaan [ritel] sudah mati, itu berguling. Ini didorong secara fundamental hari ini karena ada permintaan yang konsisten untuk perak terutama karena permintaan energi hijau yang akan menggunakan banyak perak,” kepala Axi global ahli strategi pasar Stephen Innes mengatakan kepada Reuters.

Penurunan logam putih selama sesi sebelumnya terjadi setelah CME Group Inc. menaikkan margin pemeliharaan pada perak berjangka sebesar 17,9% pada hari Senin, untuk mengurangi volatilitas pasar.

“[Intervensi CME] memungkinkan pasar untuk bernafas lebih mudah karena ketakutan terhadap flash mob ritel telah berkurang cukup banyak,” kata Axi’s Innes.

Kegilaan perak yang dimulai selama minggu sebelumnya menyebabkan pemasok berebut batangan dan koin dan jumlah perak yang diperdagangkan di pasar London melonjak menjadi 1,006 miliar ons pada hari Senin. Meskipun hiruk-pikuk telah mereda, dengan posting di Reddit yang mendorong pedagang untuk menghindari perak, beberapa investor mengharapkan sedikit volatilitas untuk tetap ada.

“Saya tidak berpikir kita harus menghapusnya dulu dan meremehkan kekuatan kolektif banyak investor ritel … rasio emas-perak saat ini di bawah normal, dan kita dapat melihat ini untuk terus menyatu kembali,” kata ekonom OCBC Bank Howie Lee.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *