Ekonom Fed AS sedang Menjajaki Penggerak Nilai “Intrinsik” dari CBDC

Daftar Indodax

News Cryptocurrency – Ekonom Fed AS sedang Menjajaki Penggerak Nilai “Intrinsik” dari CBDC . Federal Reserve Amerika Serikat (Fed AS) telah memperluas penelitiannya tentang mata uang digital bank sentral, atau CBDC, dalam ulasan baru yang diposting ke situs webnya Senin.

Dalam laporan berjudul “Mata Uang Digital Bank Sentral: Tinjauan Literatur”, ekonom Fed Francesca Carapella dan Jean Flemming menyusun penelitian yang mengeksplorasi potensi dampak dolar digital pada perbankan komersial dan kebijakan moneter. Ulasan ini memberikan landasan teoritis untuk memahami bagaimana CBDC dapat mempengaruhi adopsi konsumen dan stabilitas keuangan.

Ekonom Fed AS sedang Menjajaki Penggerak Nilai “Intrinsik” dari CBDC

“Dari sudut pandang teoritis, pengenalan mata uang digital bank sentral (CBDC) menimbulkan pertanyaan lama terkait dengan penyediaan uang publik dan swasta […] dan kemampuan bank sentral untuk menggunakan CBDC sebagai sarana untuk mentransmisikan kebijakan moneter langsung ke rumah tangga.”

Tinjauan pustaka pada dasarnya adalah pemindaian lingkungan tentang topik tertentu yang digunakan untuk membenarkan perlunya penelitian tambahan. Laporan Fed mengidentifikasi “fitur intrinsik CBDC” sebagai pertanyaan penelitian paling penting untuk ditangani di masa mendatang:

“Seperti literatur baru lainnya, masih banyak pertanyaan. Kami yakin pertanyaan yang paling krusial adalah fitur intrinsik CBDC sebagai alat pembayaran dan penyimpan nilai mana yang penting untuk pilihan portofolio rumah tangga tentang uang yang akan digunakan.”

Pada 13 Agustus, Fed merilis makalah penelitian asli yang membandingkan CBDC dengan metode pembayaran lain. Penulis Paul Wong dan Jesse Leigh Maniff menyimpulkan bahwa CBDC “tidak akan pernah dapat mereplikasi sepenuhnya” semua fitur uang tunai dan layanan penyelesaian bruto waktu nyata tetapi dapat meningkatkan kedua cara pembayaran tersebut.

Meskipun CBDC telah digambarkan sebagai “perlombaan senjata” bank sentral dekade ini, Fed tidak terburu-buru untuk mengadopsi apa yang disebut dolar digital.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bulan lalu bahwa CBDC tidak mungkin diluncurkan dalam waktu dekat karena AS sudah memiliki “sistem pembayaran domestik dinamis yang aman dan aktif.”

Powell menekankan bahwa menyelesaikan risiko terhadap privasi dan keamanan lebih penting daripada memiliki keuntungan penggerak pertama dalam ruang ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *