Dolar Melemah karena Selera Risiko Meningkat, Yuan Melonjak

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Dolar merosot terhadap mata uang berisiko pada hari Selasa karena harapan untuk vaksin COVID-19 dan kesepakatan perusahaan besar meningkatkan minat investor untuk mata uang berisiko.

Yuan melonjak ke level tertinggi 16-bulan karena serangkaian data China menunjukkan pemulihan ekonomi yang stabil di China sementara dolar Australia didukung oleh risalah kebijakan dari bank sentral negara yang berhenti memberi sinyal pemotongan lebih lanjut pada suku bunga.

Indeks dolar merosot ke 92,910, menjauh lebih jauh dari tertinggi satu bulan di 93,664 yang disentuh Rabu lalu.

Euro naik tipis 0,2% menjadi $ 1,1889 EUR, memperpanjang kenaikannya ke hari kelima berturut-turut, dengan resistensi awal terlihat di sekitar tertinggi minggu lalu di $ 1,1917.

Dolar diperdagangkan pada 105,66 yen, dekat level terendah dua minggu di 105,55 yen yang disentuh pada hari Senin.

Membantu sentimen, AstraZeneca AZN.L melanjutkan uji klinis Inggris untuk vaksin COVID-19, salah satu yang paling maju dalam pengembangan, sementara Pfizer Inc PFE.N dan BioNTech SE 22UAy.F mengusulkan perluasan uji coba vaksin Tahap 3 mereka.

“Sungguh menggembirakan karena Pfizer telah menjelaskan target vaksin. Saat aset berisiko bangkit kembali, dolar kehilangan momentum, ”kata Kyosuke Suzuki, direktur valas di Societe Generale.

Saham Wall Street pulih karena beberapa kesepakatan multi-miliar dolar – termasuk pembelian perancang chip Arm Nvidia senilai NVDA.O $ 40 miliar – meningkatkan kepercayaan.

Dolar Australia naik 0,4% menjadi $ 0,7316, karena risalah yang sangat diantisipasi dari pertemuan kebijakan moneter bank sentral bulan September tidak memberikan petunjuk bahwa rekor suku bunga rendah akan dipotong lebih lanjut.

Yuan Tiongkok naik ke level tertinggi 16-bulan di perdagangan luar negeri dan dalam negeri, berkat fundamental ekonomi Tiongkok yang kuat.

Produksi industri mengalami percepatan paling tinggi dalam delapan bulan di bulan Agustus, sementara penjualan ritel tumbuh untuk pertama kalinya tahun ini, menunjukkan pemulihan ekonomi semakin cepat karena permintaan mulai meningkat secara lebih luas dari krisis virus corona.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *