Dinas Perpus dan Arsip Sergai Selenggarakan Penyusunan Rancangan Jadwal Retendi Arsip (JRA)

SERGAI(Sumut), Wikimedan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, selengarakan kegiatan Penyusunan Rancangan Jadwal Retensi Arsip (JRA) dalam rangka pembuatan praturan Bupati Sergai dilingkungan Pemkab Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Sei Rampah, Rabu (28/11).

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sergai Ir. H Soekirman yang diwakili oleh Assisten Administrasi Setdakab H. Karno, SH, MAP, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provsu, Ferlin H Nainggolan, SH, Kepala Dinas dan Kearsipan Sergai, Dra. Hj. Salmiah, MM, Sekretaris Dinas Perhusip Aminuddin, para Nara Sumber yang mengikuti kegiatan, beserta para Staff Dinas Perhusip dan para 28 OPD serta perwakilan 17 Kecamatan se Sergai.

Bupati Sergai Ir. H Soekirman dalam pidatonya yang dibacakan oleh H. Karno Assisten Administrasi Umum Setdakab mengatakan bahwa : dengan disyahkan UU No. 43 Thn 2009 tentang kearsipan dan peraturan Pemerintah No.28 Thn 2012 tentang pelaksanaan UU No.43 Thn 2009 tentang kearsipan merupakan lompatan besar bagi dunia Kearsipan di Indonesia UU ini lebih lengkap, lebih Progresif karena didalamnya juga mengatur adanya sanksi yang lengkap, dan yang lebih pentingnya adalah bahwa UU ini memberi pesan yang Komprehensif untuk dapat mendorong agar seluruh komponen bangsa mulai dari unsur Biokrasi, Organisasi Politik dan Organisasi kemasyarakatan, sebutnya.

Dan beliau juga menyebutkan Pengelolaan dan pemeliharaan Arsip merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan ketika kita memahami tata cara dan aturan yang ada namun berat untuk dilaksanakan, karena kita sering memandang Arsip itu sesuatu yang tidak penting serta kurang diminati dan bahkan ada yang tidak perduli, Arsip merupakan sampul pemersatu bangsa dan Roh Organisasi dan Bukti Otentik dari sebuah rekaman kegiatan.

Oleh sebab itu kepada seluruh peserta dan OPD yang mengikuti kegiatan ini saya menghimbau agar tugas untuk mengelola kearsipan dengan baik tertib dan benar, serta kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini agar serius apabila kurang paham dan mengerti tanyakan kepada Narasumber, tutup Bupati

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sergai Dra. Hj Salimiah, MM sangat mengapresiasi diadakannya kegiata seperti ini apa lagi para pesertanya terdiri dari para OPD dan Unsur Kecamatan se Kab Sergai, semoga dengan diadakannya kegiatan seperti ini dapat dipahami serta dilaksanakan sebaik mungkin oleh para OPD Kab Sergai serta unsur Kecamatan dan lainnya yang mengikuti kegiatan rancangan JRA, ucap Salmiah.(AfGans)

Kategori : Berita Medan

Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *