Diminta Bangun Pabrik Baterai Listrik Oleh Luhut, Ini Kata Elon Musk

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Diminta Bangun Pabrik Baterai Listrik Oleh Luhut, Ini Kata Elon Musk. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pengusaha ternama Amerika Serikat (AS) Elon Musk mempertimbangkan tawaran pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami mengajukan tawaran (ke Elon Musk), mungkinkah di sini dibangun pabrik baterai EV, prekursor katoda. Dan dia akan mempertimbangkannya,” jelas Luhut dilansir Reuters, Senin (20/5/2024).

Sayangnya Elon Musk tidak bersedia memberikan respons atas setelah Menko Marves Luhut Pandjaitan menyampaikan pernyataan tersebut kepada Wartawan.

Selain itu, Luhut menyebutkan Jokowi juga meminta Elon Musk untuk mempertimbangkan investasi di pusat AI di negara Asia Tenggara dan SpaceX untuk membangun landasan peluncuran di pulau Biak di provinsi Papua, Indonesia. Hal itu merupakan sebuah tawaran yang telah dibuat pemerintah sebelumnya.

Adapun, Indonesia juga telah berusaha selama bertahun-tahun untuk memikat Tesla agar membangun pabrik yang berkaitan dengan kendaraan listrik karena pemerintah ingin mengembangkan sektor kendaraan listriknya dengan menggunakan sumber daya nikel yang kaya di negara ini.

Sebelumnya, pada hari Minggu (19/5/2024) Elon Musk telah meluncurkan layanan internet satelit SpaceX untuk sektor kesehatan di Indonesia. Dengan begitu, Starlink kini tersedia secara komersial, namun pemerintah akan memfokuskan layanannya terlebih dahulu pada wilayah terluar dan tertinggal.

Asal tahu saja, Starlink milik SpaceX, yang memiliki sekitar 60% dari sekitar 7.500 satelit yang mengorbit bumi, dominan di bidang internet satelit.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *