Dana Desa Tahun 2019 Telah Cair 100 % Namun Fisik Pembangunannya Belum Selesai

NIAS BARAT Wikimedan | Berdasarkan Informasi yang beredar di lingkup Masyarakat Desa Sisobaho, Kecamatan Mandehe Barat,Kabupaten Nias Barat, bahwa Dana Desa (DD), telah Cair 100%, namun Pekerjaan Fisiknya masih dalam tahapan pembangunan, hal ini di sampaikan oleh Tokoh masyarakat sebut saja berinisial HG, Selasa (18/06/2019).

HG menyampaikan bahwa ada 2 (Dua) Item kegiatan Fisik bangunan dana desa (DD) pada tahun 2019, yakni :
1. Kantor Kepala Desa, dengan pagu Anggaran lebih Rp. 400 Juta, Masih tahapan pelaksanaan, sesuai dengan hasil di Foto para awak media ini di lapangan.

2. Jalan Cor Beton, yang beralokasi di Dusun II (Dua), namun hingga kini belum tersentuh pembangunanya, akan tetapi Dananya sudah dicairkan 100%.

Lebih lanjut Ia sampaikan bahwa Dana Fisik DD TA. 2019, sebesar Rp. 6.59.168.135,- dengan Dana sebanyak ini, sebenarnya sungguh luar biasa kalau betul – betul kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis/RAB, dan Jika sebaliknya tidak dilaksanakan sesuai dengan Petunjuk teknis maka hanya menguntungkan beberapa oknum saja, katanya.

Selain itu HG menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang masih belum terlaksana di Desa Sisobaoho, Kec. Mandehe Barat, yaitu : Dana PKK, Dana Bantuan Kelompok Tani, Biaya Operasional Kader Posyandu, Biaya Penyemprotan Jalan, Dana Pemuda, Dana Siskamling, Penambahan Modal BUMDes dan Dana lainya.

Kades beserta Jajaranya pada tahun lalu, kami telah membuat laporan kepada Bupati Nias Barat Cq. Inspekorat, terkait Penipuan dan Pemalsuan Pemberdayaan Kapisitas Masyarakat Miskin, yang berbiaya Rp. 29.355.500,- Hingga saat tidak ada perkembangan hingga saat ini tidak ada realisasi, ucapnya.

Ditempat terpisah, Salah seorang seorang warga Desa Sisobaoho, yang mana namanya tidak mau disebut hanya inisialnya MH, mengatakan bahwa, Tindakan yang dilakukan oleh Kades tersebut, itu sudah keterlaluan dan menyalahi aturan, dimana dana sudah cair 100%, namun pekerjaan masih belum siap, pungkasnya dengan nada kecewa.

Kami masyarakat berharap kepada Pemeritah kabupaten Nias Barat Agar Oknum Kades an. Tatema Daeli dan Jajaranya segera di panggil dan diperiksa, bila perlu diserahkan aja ke pihak yang berwajib, Harapnya.

Dalam hal memastikan kepastian atau kronologis Kegiatan Fisik DD TA. 2019, di Desa Sisobaoho, Kec. Mandehe Barat, sebaiknya Pihak Dinas terkait, Langsung turun ke lokasi sehingga tidak ada unsur dugaan kepada Masyarakat sekitar bahwa Dinas terkait kerjasama dengan Kepala Desa.

Untuk mengimbangi pemberitaan, Pers para awak media mencoba konfirmasikan kepada Kepala Desa Sisobaoho, Kec. Mandehe Barat, Kab. Nias Barat, Dikantornya, Senin, 17/06/19, Namun Beliau tidak berhasil ditemui, hingga tayang berita ini.(Wardi)

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *