Ciri WhatsApp Disadap Gampang Dikenali, Simak Tandanya

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Ciri WhatsApp Disadap Gampang Dikenali, Simak Tandanya. Pengguna perlu berhati-hati dengan modus penyadapan WhatsApp oleh orang yang tidak dikenal. Kejahatan itu terkadang bisa menguras rekening para pengguna aplikasi pesan tersebut.

Selain itu juga perlu berhati-hati jika menemukan sejumlah ciri tertentu. Ada beberapa pertanda yang bisa dikenali saat akun WhatsApp berhasil disadap oleh pelaku kejahatan.

Berikut ciri-ciri WhatsApp yang disadap:

1. OTP

Anda perlu waspada jika tiba-tiba mendapatkan pesan berisi kode enam angka One Time Password (OTP) melalui pesan ke nomor ponsel. Sebab OTP dikirimkan saat ada yang ingin masuk ke dalam akun WhatsApp. Perlu diingat untuk tidak memberikan kode tersebut pada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Ciri lainnya adalah secara otomatis keluar dari WhatsApp. Ini bisa jadi ada indikasi perangkat lain yang mencoba masuk ke akun WhatsApp. Anda dapat mengetahui perangkat lain yang masuk ke WhatsApp dengan menekan ikon tiga titik dan pilih WhatsApp Web/

3. Pesan Terbaca

Anda juga patut waspada jika menemukan adanya pesan terbaca secara otomatis. Ini mungkin bisa jadi ada seseorang yang tidak dikenal telah masuk ke akun WhatsApp Anda.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Sama seperti sebelumnya, pesan yang tiba-tiba terkirim sendiri disebut bisa jadi pertanda akun telah disadap pihak lain.

Cara Cegah WhatsApp Disadap

Anda dapat mencegah jadi korban penyadapan dengan mengaktifkan fitur keamanan two-step verification. Fitur ini membutuhkan PIN yang diatur oleh pengguna agar bisa masuk ke akun WhatsApp.

Simak langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur keamanan tersebut:

  • Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
  • Pilih Settings.
  • Masuk ke pengaturan Account.
  • Pilih Two-step verification.
  • WhatsApp akan meminta mengaktifkan two-step verification dengan PIN.
  • Klik Enable untuk mengaktifkan fitur.
  • Buat PIN, masukkan enam digit sesuai dengan keinginan.
  • Berikutnya akan diminta memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini bertujuan untuk jika suatu saat ingin mengganti PIN.
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *