CFTC: SEC Tidak Memiliki Otoritas Terhadap Kripto

Daftar Indodax

CFTC: SEC Tidak Memiliki Otoritas Terhadap Kripto. Di tengah perluasan cakupan pengawasan industri cryptocurrency oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC AS), seorang komisaris dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas berpendapat bahwa peraturan crypto tidak berada di bawah yurisdiksi SEC.

Komisaris CFTC Brian Quintenz turun ke Twitter pada hari Rabu untuk menyatakan bahwa cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) harus diatur oleh CFTC daripada SEC.

Quintenz menekankan bahwa cryptocurrency adalah komoditas dan dengan demikian berada di bawah yurisdiksi CFTC, sebagai lawan dari sekuritas yang diatur oleh SEC, dengan menyatakan:

“Agar kita semua jelas di sini, SEC tidak memiliki otoritas atas komoditas murni atau tempat perdagangan mereka, apakah komoditas itu gandum, emas, minyak … atau aset kripto.”

Pernyataan Quintenz datang hanya sekitar setengah jam setelah mantan Ketua CFTC Christopher Giancarlo membuat pernyataan serupa di Twitter, dengan alasan bahwa CFTC adalah satu-satunya badan pengatur AS yang memiliki pengalaman mengatur pasar untuk Bitcoin dan crypto.

“Jika Administrasi Biden serius tentang regulasi cryptocurrency yang masuk akal, ia perlu mencalonkan ketua CFTC,” catat Giancarlo.

Komite Pertanian DPR AS, sebuah komite tetap di Dewan Perwakilan Rakyat AS, kemudian mendukung pernyataan Quintenz. Akun Twitter resmi komite berpendapat bahwa kripto adalah “lebih besar dari SEC” dan bahwa Kongres “perlu menulis aturan jalan untuk melindungi investor dan inovasi dalam ekonomi digital.”

Pernyataan baru tampaknya datang sebagai tanggapan atas pernyataan baru-baru ini oleh Ketua SEC Gary Gensler yang menyerukan peningkatan pengawasan peraturan industri kripto untuk memperluas ruang lingkup peraturan dengan pertukaran terdesentralisasi.

Gensler dilaporkan menguraikan bahwa ada banyak diskusi tentang jenis aset digital apa yang harus berada di bawah lingkup SEC karena otoritas sebelumnya mengkonfirmasi bahwa cryptocurrency utama seperti Bitcoin dan Ether bukanlah sekuritas.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *