Cara Mudah Memulai Bisnis Laundry Di Tengah Pandemi

Daftar Indodax

Cara Mudah Memulai Bisnis Laundry Di Tengah Pandemi –  Dengan adanya pandemi covid -19 yang menyerang dunia khusunya Indonesia sejak awal tahun 2020 ini bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga berdampak pada perekonomian. Bagaimana tidak, dengan menyebarnya virus ini banyak sekali perusahaan yang ditutup sementara atau bahkan harus rela menggulung tikar (bangkrut).

Tak heran jika banyak orang yang harus memutar otak agar tetap bisa bertahan hidup ditengah tuntutan kebutuhan hidup yang semakin mencekik konsemen. Untuk bertahan hidup, ada beberapa pilihan bisnis yang bisa Anda coba seperti memulai bisnis laundry.

Bisnis laundry memang agak beresiko mengingat penyebaran virus corona bisa melalui pakaian konsumen yang akan Anda cuci. Itulah yang menjadi kekhawatiran masyarakat sehingga akan berpengaruh pada bisnis laundry Anda. Ditambah lagi dengan penurunan omset secara drastis sejak Maret 2020 yang dialami oleh orang-orang yang berbisnis di bidang ini.

Tentu hal itu akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda memulai semua bisnis, bukan hanya pada bisnis laundry saja tapi juga bisnis yang lain seperti warung makan dan sejenisnya. Tapi Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan ini, sebab Anda juga harus berikhtiar dengan maksimal. Agar Anda mudah memulai bisnis laundry dan sukses meski masih masa pandemi, cobalah ikuti cara-cara dibawah ini:

Memberlakukan Protokol Kesehatan yang Ketat di Area Laundry

Pemberlakuan protokol kesehatan di tempat bisnis laundry Anda tidak akan susah. Anda cukup membuat peraturan agar karyawan dan pelanggan untuk menjaga jarak, menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, pastikan pula sebelum pelanggan maupun karyawan memasuki area laundry untuk di cek suhu tubuhnya.

Jangan lupa mewajibkan pelanggan untuk memakai pelindung tambahan seperti sarung tangan ketika sedang memproses baju kotor milik pelanggan.  Dengan cara tersebut, maka usaha Anda akan tetap berjalan dengan baik.

Membuat Peraturan Khusus untuk Pakaian Kotor

Cara selanjutnya untuk Anda yang ingin memulai bisnis laundry di masa pandemi, jangan lupa untuk selalu menghimbau pelanggan agar memilah baju-baju kotornya seperti baju putih tidak boleh digabung dengan baju berwarna, selimut tidak boleh digabung dengan baju. Dan jangan lupa untuk menghimbau karyawan agar jangan menumpuk baju kotor milik pelanggan serta usahakan agar proses pencucian dilakukan secara terpisah.

Menerapkan Sistem Pembayaran Digital

Untuk mengurangi penyebaran virus corona, Anda bisa menggunakan sistem pembayaran melalui digital. Bukan hanya mengurangi kontak fisik, tapi sistem pembayaran digital juga lebih unggul karena platform e-wallet kerap menawarkan promo cashback.

Mencuci Pakaian dengan Deterjen Khusus

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis laundry, pemilihan deterjan yang tepat juga perlu Anda lakukan. Deterjen yang Anda pili haruslah berkualitas dan membunuh mikro organisme penyebab penyakit. Bukan hanya sekedar agar pelanggan Anda puas dengan hasil laundry yang sangat bersih dan harum. Anda juga akan mengantisipasi penyebaran berbagai virus dengan pemilihan deterjen yang tepat.

Membersihkan Seluruh Area Laundry dengan Desinfektan

Bukan hanya menjaga protokol kesehatan saja, Anda harus menjaga kebersihan seluruh area laundry. Pengepelan dan menyapu lantai tempat laundry minimal dilakukan dua kali dalam sehari yakni pagi hari ketika tempat laudry masih belum dibuka dan sore atau malam hari selebum laundry ditutup.

Tapi tidak hanya berhenti disitu saja, Anda harus melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, terutama di area yang sering disentuh banyak orang seperti meja, gagang pintu, gagang setrika, di sekitar mesin cuci bahkan timbangan pun harus disemprot dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Nah itulah tadi beberapa cara agar bisa memulai bisnis laundry meski masih dalam kondisi pandemi seperti ini. Anda hanya perlu berusaha lebih keras dan yakin bahwa usaha laundry yang ada mulai pasti akan berhasil.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *