Cara Mengubah Ponsel Sebagai Webcam


Jakarta, Wikimedan – Cara Mengubah Ponsel Sebagai Webcam. Permasalahan kualitas kamera laptop yang sering jadi permasalahan untuk kita semua, bukan hanya laptop murah yang memiliki kualitas tidak bagus namun, laptop mahal bisa dating dengan webcam di bawah kualitas standar, dan beberapa bahkan tidak memilikinya.

Mungkin anda bisa menggunakan kamera smartphone yang memiliki kualitas lebih bagus, kamera smartphone anda bisa sebagai webcam untuk PC atau Mac anda tentu saja. Jika tertarik untuk mempelajari caranya, anda telah datang ke tempat yang tepat.

Cara mengubah ponsel Android sebagai webcam untuk PC

Anda dapat mengubah kamera ponsel Android anda menjadi webcam nirkabel tanpa kerumitan untuk PC Windows. Dan untuk itu, kami akan menggunakan aplikasi Android yang telah ada selama lebih dari satu dekade yaitu DroidCam.

Ini adalah aplikasi gratis yang didukung iklan, meskipun aplikasi ini juga memiliki versi berbayar $ 4,99 yang menghapus iklan dan membuka fitur tambahan, seperti dukungan video berkualitas lebih tinggi.

Langkah 1: Unduh DroidCam di ponsel Android

Di smartphone anda, cukup unduh aplikasi dari Google Play Store.

Langkah 2: Luncurkan DroidCam dan berikan izin

Setelah anda mengunduh aplikasi, luncurkan. Ini akan menampilkan layar bantuan, cukup ketuk “Berikutnya”, lalu “Oke”. Jangan khawatir, meskipun layar bantuan membuat segala sesuatunya tampak agak rumit, tidak ada yang terlalu sulit dan kami akan memandu anda melalui keseluruhan proses.

Setelah anda mengetuk “Oke”, aplikasi mungkin meminta izin yang diperlukan untuk berfungsi, ketuk “Izinkan”.

Langkah 3: Unduh klien PC DroidCam di PC

Sekarang saatnya mempersiapkan PC anda untuk menggunakan ponsel anda sebagai webcam. Di PC, unduh program DroidCam Windows Client di sini:

Kemudian buka file pengaturan Klien DroidCam yang diunduh dan ikuti petunjuk di layar. Setelah Klien DroidCam diinstal pada PC anda, akan menemukannya sebagai ikon di desktop anda.

Langkah 4: Hubungkan klien PC dan aplikasi Android

Buka program “DroidCam” yang sekarang ada di desktop PC anda. Jendela “Hubungkan” akan muncul, seperti gambar di bawah (kanan).

Di dalamnya, pastikan ikon WiFi dipilih dan “Video” dan “Audio” diaktifkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, sehingga kamera dan mikrofon ponsel anda dapat digunakan.

Sekarang lihat ponsel cerdas anda yang masih membuka aplikasi DroidCam. anda akan melihat teks yang bertuliskan “IP WiFi:”, diikuti oleh beberapa angka dan titik. Tuliskan angka dan titik tersebut di aplikasi desktop, yang bertuliskan “IP Perangkat”.

Kemudian pada PC anda, klik “Start”, dan selesai kamera utama ponsel anda sekarang akan berfungsi sebagai webcam PC. Ini secara otomatis akan bekerja dengan Skype, Zoom dan program desktop lainnya yang mungkin perlu anda gunakan untuk konferensi video.

Jika program tersebut masih menggunakan kamera laptop anda, masuk ke pengaturan video dan ubah opsi kamera ke “Sumber DroidCam”. Kemudian cukup menopang ponsel anda sehingga ditujukan untuk anda dan nikmati.

Klik “Stop” pada Klien Desktop setelah anda selesai menggunakan ponsel cerdas anda sebagai kamera web.

Cara menggunakan ponsel Android Anda sebagai webcam untuk Mac

Meskipun anda sedang menggunakan smartphone Android tetapi komputer anda adalah Apple Mac / MacBook, anda masih dapat menggunakan ponsel anda sebagai webcam. Untuk ini, kami akan menggunakan aplikasi bernama “Iriun 4K Webcam untuk PC dan Mac”

Langkah 1: Unduh aplikasi Iriun Webcam di ponsel Android anda

Cukup unduh dan jalankan aplikasi yang akan kami gunakan untuk mengubah ponsel Anda menjadi webcam Mac dari Google Play Store. Setelah anda menjalankan aplikasi di ponsel anda, itu akan meminta izin yang diperlukan untuk bekerja, izinkan mereka. Sekarang saatnya melakukan sesuatu di Mac anda.

Langkah 2: Unduh dan instal Iriun Webcam untuk Mac

Di Mac atau MacBook anda, buka tautan di bawah dan unduh “Webcam untuk Mac”. Jalankan file setup yang diunduh dan ikuti instruksinya. Saat program diinstal di Mac anda, luncurkan.

Cukup banyak selama itu aplikasi Iriun Webcam berjalan di ponsel anda dan program klien yang baru saja kami unduh di Mac anda juga berjalan, aplikasi tersebut akan terhubung secara otomatis. Sekarang cukup posisikan ponsel sesuka anda dan nikmati menggunakannya sebagai webcam nirkabel Mac.

Setelah selesai, cukup matikan aplikasi Android atau klien desktop untuk memutuskan sambungan satu sama lain dan Mac akan kembali ke webcam bawaannya (jika ada).

Cara mengatur iPhone sebagai webcam untuk PC

Mirip dengan tutorial sebelumnya, kita akan menggunakan aplikasi Iriun Webcam untuk melakukannya.

Langkah 1: Unduh aplikasi Iriun Webcam di iPhone

Untuk iPhone, unduh Irun Webcam App dari App Store.

Kemudian luncurkan aplikasi dan berikan izin yang diperlukan untuk berfungsi. Setelah itu, tap “Ayo berangkat!” dan anda akan melihat pesan “Menunggu koneksi”. Biarkan aplikasi berjalan seperti itu dan mari beralih ke PC.

Langkah 2: Unduh dan instal Iriun Webcam untuk PC

Pada PC Windows anda, unduh “Webcam untuk Windows”.

Kemudian jalankan penginstal yang baru saja anda unduh dan ikuti instruksinya. Saat program diinstal, jalankan. PC dan aplikasi yang berjalan di iPhone anda akan terhubung secara otomatis dan kamera iPhone anda sekarang akan berfungsi sebagai webcam nirkabel untuk.

Cara menggunakan iPhone sebagai webcam untuk Mac

Kami akan kembali menggunakan aplikasi Iriun Webcam, yang merupakan cara termudah untuk mengubah iPhone menjadi webcam nirkabel untuk Mac atau MacBook.

Langkah 1: Unduh aplikasi Iriun Webcam di iPhone

Cukup buka Appstore di iPhone dan unduh Aplikasi Irun Webcam. Saat diunduh, luncurkan aplikasi di iPhone dan berikan izin yang diminta, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Tap “Ayo pergi” dan ketika anda melihat pesan “Menunggu koneksi” kita sudah selesai dengan bagian iPhone Biarkan iPhone seperti itu untuk saat ini dan mari beralih ke Mac.

Langkah 2: Unduh dan instal Iriun Webcam untuk Mac

Di Mac / MacBook anda dan unduh “Webcam untuk Mac”. Buka file penyiapan yang baru saja anda unduh dan biarkan itu memandu Anda melalui proses penyiapan. Saat program diinstal di Mac Anda, jalankan saja.

Ini akan secara otomatis terhubung dengan aplikasi yang kami instal sebelumnya dan berjalan di iPhone Anda. Dan kita selesai! Kamera iPhone Anda sekarang berfungsi sebagai webcam Mac.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *