Cara Menggunakan Google Cloud dan Manfaatnya!

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Cara menggunakan google cloud harus dipelajari dengan tepat dan terbaik. Karena di masa sekarang, penggunaan teknologi virtual semacam ini sangat memberikan dampak yang positif terutama bagi orang yang sedang membangun bisnis. Dengan google cloud, anda mau menyimpan file apa saja, akan lebih aman dan jatah simpanan pun banyak.

Selain untuk bisnis pribadi, google cloud mampu membantu para pekerja freelance yang membutuhkan tempat penyimpanan untuk tugas berupa file. Misalnya saja, anda adalah pekerja jarak jauh yang tentunya lebih memilih freelance daripada full time, dan atasan menginginkan kita menyimpan banyak berkas, bisa nih di google cloud, itu hanya salah satu manfaat, nah nanti juga akan dibahas di bawah.

Selain pebisnis, dan freelance, sebuah bank semisal BRI pun juga menggunakan google cloud namun yang lebih terbaru dan canggih, yaitu yang platform loh guys. Jadi jangan sampai ketinggalan infonya ya, menarik dan bermanfaat.

Fungsi-Fungsi dan Cara Menggunakan Google Cloud Bagi Bank BRI

Bank BRI, termasuk ranah bisnis yang membutuhkan tempat penyimpanan file penting untuk data-data pribadi mereka. Nah kali ini, kami mau membeberkan, kira-kira BRI biasa menggunakan google cloud pada bagian apa saja sih, cara menggunakannya bagaimana beserta fungsinya:

1.      Google Kubernetas Engine (GKE)

GKE, layanan dari google cloud yang mempermudah pemantauan terhadap server-server yang digunakan oleh BRI. Dengan GKE, pihak BRI tidak perlu ribet memantau satu per satu server yang ada. Karena GKE itu sendiri adalah salah satu layanan GCP untuk mengelola kubernetas. Di mana kubernetas berungsi sebagai countainer orchestrator yang bisa menjalankan container di cluster virtual machine.

Nah so, dengan adanya GKE ini, pasti lebih mudah memantau secara detail server tanpa ribet harus memeriksa server secara manual.

2.      CloudSQL

Begitu juga dengan adanya CloudSQL, yang bisa berfungsi untuk menyimpan database dengan jumlah yang lebih besar daripada memakai layanan google biasa, karena berbasis cloud. Bank BRI juga menggunakan layanan ini, sehingga database nya akan terasa lebih mudah tersimpan.

Cara menggunakannya pertama harus bikin akun google terlebih dahulu, lalu daftar google developers console. Sebagai informasi, jika anda mendaftar google developers console, berarti secara otomatis anda juga terdaftar untuk semua layanan di google cloud, salah satunya SQL.

3.      BigQuery

Memang ya, semua serba canggih. Dengan adanya BigQuery, ternyata BRI bisa memanfaatkannya untuk penyimpanan data warehouse loh. Ketika BigQuery berfungsi, ia akan akan melakukan query data dengan skala petabyte. Sehingga adanya BigQuery pun memudahkan BRI dalam menarik insight langsung, tanpa ribet mengurus infrastruktur databasenya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh bank BRI dalam menggunakan pelayanan google cloud.

Rangkuman Manfaat yang Bisa Anda Rasakan!

Keterangan tentang isi beberapa layanan google cloud, terutama yang platformnya di atas. Sebenarnya sudah menggambarkan beberapa manfaat yang bisa anda rasakan. Namun, di sini adalah beberapa rangkuman manfaat agar anda bisa lebih mempertimbangkan penggunaan penyimpanan data apapun.

1.      Google Cloud Punya Tempat Penyimpanan di Data Center Indonesia

Pertama, sebagai seorang pebisnis, menyimpan data tidak boleh sembarangan. Jika di google cloud sendiri pusat penyimpanan datanya ada di data center Indonesia, hal itu sangat berdampak positif dan sangat mendukung bisnis anda, karena lebih terjamin keamanannya.

2.      Google Cloud Mempercepat Proses Kerja

Dengan adanya google cloud, juga sangat mempermudah kinerja anda, karena bisa mempercepat proses penyimpanan. Serta struktur layanannya sudah sangat rapih, jadi tidak membingungi anda.

3.      Google Cloud Mempunyai Layanan yang Lumayan Lengkap

Terakhir yang ketiga, google cloud juga mempunyai kelebihan yang lainnya. Yaitu, punya layanan yang lengkap dan sangat mendukung untuk anda gunakan sebagai tempat penyimpanan bisnis. Misalnya saja CloudSQL, BigQuery, dan GKE, dan sebagainya.

Kesimpulan

Sudah puas nih kayaknya saya menjelaskan beberapa manfaat dan beberapa layanan yang dimiliki oleh google cloud. Baik itu untuk para pebisnis, bank BRI, atau untuk para pekerja freelance yang membutuhkan tempat penyimpanan data.

Bagaimana kak? Itulah beberapa penjelasan cara menggunakan google cloud yang bisa kami berikan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *