Cara Mengatasi Batuk pada Bayi dan Solusi Obatnya

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Cara Mengatasi Batuk pada Bayi dan Solusi Obatnya. Obat batuk pilek untuk bayi bisa menggunakan dua cara, yaitu obat herbal (alami), atau bisa menggunakan obat yang sudah disediakan oleh tenaga medis. Sebagai orang tua, memberikan pengobatan yang terbaik untuk anaknya, sudah pasti akan dilakukan.

Nah, bagaimana sih cara-cara mengobatinya? Pasti kita gelisah, jika yang batuk adalah si kecil, di mana ia masih bayi, dan tidak boleh memberikan obat sembarangan. Untuk itu, yuk coba baca artikel ini, karena akan membahas tentang obat herbal, obat medis, dan tips mengobati dengan cara sederhana.

Obat Batuk Pilek untuk Bayi yang Paling Gampang Secara Alami

Sebelum Anda mencoba cara mengobati dengan obat batuk yang biasa beli di toko atau di tempat lain, kami akan memberikan tips mengobati dengan cara yang alami dan praktis. Di mana seorang anak yang batuk, pasti juga ada sesak napas dan cairan yang berada di tenggorokan, lakukan ini:

  1. Ambil minyak kayu putih dan wadah mangkuk
  2. Didihkan air panas hingga benar-benar mendidih
  3. Masukkan air panas ke dalam mangkuk secukupnya
  4. Masukkan juga minyak kayu putih ke mangkuk tersebut
  5. Aduk hingga merata, sampai benar-benar menyatu
  6. Taruh wadah mangkuk yang sudah Anda buat ke ruangan, terutama kamar tempat tidur bayi
  7. Biarkan ruang kamar tertutup rapat terlebih dahulu agar hawa atau asap minyak kayu putih bisa menyebar rata ke seluruh ruangan kamar
  8. Kalau masih kurang Terasa, bisa diulang-ulang.

Itu hanya salah satu tips herbal yang mudah dipraktikkan di rumah ya, masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Mengobati Batuk Bayi dengan 5 Rekomendasi Obat Batuk

Obat batuk pilek untuk bayi yang kedua, bisa memberikan obat medis secara langsung. Namun kita harus jeli dan seleksi memilihkan obat, karena kadang tidak cocok atau alergi, bisa juga terkena kendala lainnya. Yuk coba baca rekomendasi obat batuk pilek yang satu ini:

1.      Tempra Drop

Obat andalan yang pertama untuk bayi, Anda bisa menggunakan Tempra Drop. Obat ini memiliki fungsi sebagai pereda batuk dan flu, meskipun banyak yang mengenalnya dengan obat penurun panas. Namun, Anda akan merasakan manfaat pada bayi Anda, menjadi lebih berkurang batuknya dan bisa istirahat yang cukup.

2.      Botanina Comforting Baby Oil

Obat yang kedua, gunakan Botanina Comforting Baby Oil sebagai pereda batuk dan pilek, namun penggunaannya tidak untuk diminum ya, tetapi dioleskan di bagian luar tubuh si kecil. Tujuan yang utama menggunakan obat ini, untuk menghilangkan atau mengurangi sesak napas.

3.      Uni Baby’s Cough Syrup

Ketiga, gunakan Uni Baby’s Cough Syrup bagi penderita batuk pilek yang berdahak, namun tidak semua bayi bisa mengkonsumsi ini. Karena ada batasan minimum usia di mana harus di atas 6 bulan. Dengan dosis yang terbatas ya, jadi harus dengan resep dokter.

4.      Cessa Cough dan Flu

Kalau yang ini, juga termasuk obat luar ya bun. Penggunaannya untuk dioleskan di bagian dada dan leher agar si kecil bisa merasakan napas yang lega.

5.      Mucopect Drop

Terakhir, Bunda bisa menggunakan Mucopect Drop, dengan tujuan penggunaan untuk mengencerkan dahak yang diderita si bayi. Usia yang dianjurkan adalah kurang dari 2 tahun, dengan dosis 7.5 mg/ml.

Kesimpulan

Wah itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat memiliki bayi yang sedang menderita batuk pilek, semoga artikel tentang obat batuk pilek untuk bayi ini bisa bermanfaat bagi Anda, pembaca, dan keluarga yang mengalaminya.

Share :