Canalys: Perangkat Wearable Tumbuh Positif Sepanjang 2020


Jakarta, Wikimedan – Tahun lalu tak dipungkiri menjadi tahun yang suram karena pandemi Covid-19 mulai melanda kehidupan kita. Berbagai sektor industri terdampak parah, tak terkecuali pada produsen teknologi.

Namun catatan menariknya, berdasarkan laporan Canalys justru pasar True Wireless Stereo (TWS) dan wearable divice secara global tumbuh sepanjang tahun 2020, dengan Apple menjadi pemimpin di pasar bidang tersebut. Hal ini dikarenakan permintaan konsumen yang kuat dan pengguna yang sadar kesehatan mendorong peningkatan penjualan perangkat aksesoris tersebut.

Baca juga: Dukung UMKM Lokal, Ini Dia Langkah Tokopedia dan Modalku

Baik vendor mapan seperti Skullcandy, Fitbit, dan Sony, dan pembuat smartphone seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi, melaporkan peningkatan dalam unit yang terjual, dengan perangkat TWS tumbuh 20% menjadi 432 juta unit, sementara perangkat yang dapat dikenakan naik 10% menjadi 185 juta perangkat.

Dalam hal ini perusahaan mulai melihat cara mudah memasuki ekosistem IoT melalui perangkat wearable itu, tantangan yang dihadapi kedepan ialah bagaimana Menyusun strategi jangka panjangnya seputar analisis kesehatan dan kebugaran, yang sering diabaikan oleh merek-merek baru.

Baca juga: Jika Earphone TWS Tidak Menyala, Ini Tipsnya

Canalys memperkirakan peningkatan akan tetap kuat pada tahun 2021, tetapi karena kendala rantai pasokan dan kekurangan komponen, perangkat audio pribadi hanya akan tumbuh 15,6% menjadi 500 juta, sementara wearable akan mengalami kenaikan stabil 10% untuk mencapai 204 juta unit.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *