Bupati Palas TSO : Pancasila Harus Kita Jaga dan Hormati

PALAS (Sumut) Wikimedan | Pancasila sebagai dasar Negara Ideologi Negara dan Pandangan Hadup Bangsa yang di gali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu Anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia.

Walaupun kita sebagai Bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila,kita akui bahwa eksitensi ke Indonesiaan baik sebagai Bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Karena Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang Asasi harus terus di perjuangkan keberagamaan kondisi secara Geografis, Flora dan Fauna hingga Aspek Antropologis dan Sosiologis Masyarakat, hanya dapat di rajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses Internalisasi sekaligus pengalaman Nilai-Nilai Pancasila harus di lakukan dan di perjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari . Hal tersebut diungkapkan Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap.

Lanjut H Ali Sutan Harahap Berkat Pancasila yang ý dengan Nilai-nilai Inklusivitas,Toleransi dan Gotong Royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai Bintang Penuntun Kebaragaman yang ada dapat dirajut menjadi Identitas Nasional dalam Wadah dan Slogan “Bhineka Tunggal Ika”.

Jadi dalam Konteks itulah sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu Keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, dimana pendiri Bangsa berhasil menggali nilai-nilai fudamental Bangsa Indonesia sebagai satu Bangsa. Sebagai Bangsa besar kita tidak akan meninggalkan Sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “Jas Merah”

Hal senada diungkapkan Asisten 2 H Panguhum Nasution S.Sos. MAP menjelaskan bahwa kita sebagai Anak Bangsa haruslah Menghormati Jasa pendiri Bangsa sekaligus meneguh Komitmen terhadap Ideologi Negara itulah kita memperingati hari Kelahiran Pancasila sebagai salah satu Kebanggaan Nasional (National Pride).

Pada saat inilah kita yang sekarang sudah masuk Zaman Milenial,anak Bangsa akan sangat diperlukan kesadaran dan Pemahaman untuk saling Menghargai dan saling Menghormati Ideologi Negara Indonesia yaitu Pancasila.

Negara kita yang berazaskan Pancasila adalah Sosok yang Percaya Diri, Optimis dan Penuh Harapan dalam Menatap Masa Depan sebagai Bangsa yang maju,Adil dan Makmur. Jadi kita sebagai Anak Bangsa 8ndonesia khususnya anak Kabupaten Padang Lawas harus menatap kedepan yang Visioner, agar Bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Padang Lawas selalu Optimis dan Bercahaya dalam Pembangunan 5 tahun Kedepan. Ungkap Asisten 2 Panguhum dengan semangat….(Dewa Jarlub S.Sos / Jawa-Arab-Lubis)

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *