Bukan Maksud Hati, 5 Artis Ini Pernah Terjerumus Lawakannya Sendiri

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Bukan Maksud Hati, 5 Artis Ini Pernah Terjerumus Lawakannya Sendiri – Dalam episode podcast Deddy Corbuzier baru-baru ini, pelawak senior, Malih, mengungkap pengalaman tidak menyenangkan saat jadi target lawakan lawan mainnya. Sayangnya, apa yang dilontarkan pada teman duet Haji Bolot ini terasa bagai hinaan dibandingkan lawakan.

Komedi atau lawakan memang mengandung teknik tersendiri. Namun untuk kebutuhan program televisi yang tayangannya terus menerus, kerap kali membuat materi lawakan terkesan dipaksakan atau talent yang digunakan bukan yang benar-benar kompeten untuk melawak.

Apa yang dialami komedian Malih memang bukan pertama kali terjadi. Beberapa artis dalam program hiburan, maupun mereka yang memang komedian, pernah merasakan terjerumus masalah karena lawakan sendiri. Hal ini lantas merugikan penonton, lawan akting, hingga diri mereka sendiri. Siapa sajakah mereka?

Berikut 5 Artis Ini Pernah Terjerumus Lawakannya Sendiri

Pandji Pragiwaksono

Pandji PragiwaksonoSekelas Pandji Pragiwaksono yang terkenal sebagai salah satu pilar stand up comedian tanah air, pernah berkali-kali tersandung masalah dan banjir kritikan karena materi yang disuguhkan. Pandji sempat diprotes karena topik yang berat seperti FPI, takbir, fatwa MUI dan toa masjid, hingga saat membahas kucing yang disebutnya sebagai hewan gembel.

Tukul Arwana

Tukul ArwanaSelain Pandji yang sudah berpengalaman, seorang Tukul yang banyolannya bikin pecah panggung pun tak luput dari pengalaman ini. Pelawak yang sempat menjadi host termahal itu juga sempat ditegur KPI karena alih-alih melucu, lawakan yang dilontarkannya dianggap melecehkan nara sumber karena menjurus pada seksualitas.

Raffi Ahmad

Raffi Ahmad [sumber gambar]

Sebagai salah satu artis yang wajahnya muncul di mana-mana, suami Nagita Slavina pernah beberapa kali dikritik cara melucunya oleh publik. Salah satunya saat menarik rambut Princess Syahrini dalam sebuah acara ketika ia sedang menyanyi. Meski istri Reino Barack tak nampak keberatan, namun aksi Raffi Ahmad ini disebut tidak punya etika.

Andre Taulany

Andre Taulany [Sumber Gambar]

Teman duet Sule, Andre Taulany, bisa dibilang kenyang pengalaman dihujat karena lawakannya sempat dianggap melecehkan marga Latuconsina hingga menghina Nabi Muhammad. Pengalamannya ini bahkan membuat Andre Taulany sempat absen selama beberapa waktu dari layar kaca.

Rina Nose

Rina Nose dan Andre TaulanyArtis serba bisa, Rina Nose, juga terlibat bersama Andre Taulany saat tersandung kasus pelecehan marga Latuconsina. Dikenal sebagai wanita dengan humor yang bagus, tak lantas membuat celetukan Rina sreg di hati semua kalangan. Meski demikian, Rina berusaha bersikap seobjektif mungkin dalam menerima beragam komentar negatif padanya.

Baca Juga : Perjuangan Hebat Para Pengrajin Kayu Difabel, Sukses Meskipun Miliki Keterbatasan Fisik

Kesemua momen artis dan komedian di atas, kebanyakan bukan dengan unsur kesengajaan untuk menyerang, menghina atau tujuan buruk lainnya. Namun kadang spontanitas ucapan hingga kontak fisik dalam melawak belum tentu sesuai dengan lawan main hingga penonton.

Lawakan memang berpeluang multitafsir sehingga alih-alih menghibur, bisa jadi malah menyakiti. Oleh karena itu, selain teknik, dalam komedi juga diperlukan empati. Tak peduli senior maupun pendatang baru, setiap pelawak dan artis yang bermaksud ingin menghibur, perlu memahami fondasi melucu ini.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *