Brasil Umumkan Keadaan Darurat, 570 Anak Tewas

Pasang Iklan Disini

Wikimedan – Brasil Umumkan Keadaan Darurat, 570 Anak Tewas. Kementerian Kesehatan Brasil telah mengumumkan keadaan darurat medis di wilayah Yanomami, cagar alam terbesar di negara itu yang berbatasan dengan Venezuela. Hal ini menyusul laporan anak-anak yang meninggal karena kekurangan gizi dan penyakit lain yang disebabkan oleh penambangan emas ilegal.

Sebuah keputusan yang diterbitkan pada hari Jumat oleh pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang akan datang mengatakan tujuan dari deklarasi tersebut adalah untuk memulihkan layanan kesehatan kepada orang-orang Yanomami yang telah dibongkar oleh pendahulunya dari sayap kanan Jair Bolsonaro.

Dalam empat tahun kepresidenan Bolsonaro, 570 anak Yanomami meninggal karena penyakit yang dapat disembuhkan, terutama malnutrisi tetapi juga malaria, diare, dan malformasi yang disebabkan oleh merkuri yang digunakan oleh penambang emas kucing liar, platform jurnalisme Amazon Sumauma melaporkan, mengutip data yang diperoleh FOIA.

Lula mengunjungi pusat kesehatan Yanomami di Boa Vista di negara bagian Roraima pada hari Sabtu menyusul publikasi foto yang menunjukkan anak-anak dan pria dan wanita lanjut usia sangat kurus sehingga tulang rusuk mereka terlihat.

“Lebih dari krisis kemanusiaan, apa yang saya lihat di Roraima adalah genosida: kejahatan terencana terhadap Yanomami, yang dilakukan oleh pemerintah yang tidak peka terhadap penderitaan,” kata Lula di Twitter menutip Reuters, Senin (23/1/2023).

Pemerintah mengumumkan paket makanan yang akan diterbangkan ke reservasi tempat sekitar 26.000 Yanomami tinggal di wilayah hutan hujan dan sabana tropis seukuran Portugal.

Reservasi tersebut telah diserbu oleh penambang emas ilegal selama beberapa dekade, tetapi serangan itu berlipat ganda sejak Bolsonaro memenangkan jabatan pada 2018 dengan berjanji untuk mengizinkan penambangan di tanah yang sebelumnya dilindungi dan menawarkan untuk melegalkan penambangan kucing liar.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *