Bos Dewan Eropa Minta Negara G20 Desak Rusia Hentikan Perang

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Bos Dewan Eropa Minta Negara G20 Desak Rusia Hentikan Perang. Presiden Dewan Eropa Charles Michel meminta negara-negara G20 mendesak Rusia menghentikan serangannya terhadap Ukraina. Sebab, peperangan itu berakibat pada krisisi energi dan pangan.

“Kami harapkan dalam pertemuan dua hari ini agar semua negara G20 dan mitra untuk mendesak Rusia, karena Piagam PBB tidak memperkenankan membuat perubahan dengan paksaan. Batasan-batasan internasional harus dihormati, sehingga puncak KTT G20 hari ini dan besok diharapkan bisa mendorong hal itu,” kata Michel kepada media, Selasa (15/11/2022).

Perang Rusia dan Ukraina mengakibatkan krisis energi yang menyakiti masyarakat, dari Eropa hingga Asia. Hal itu pun berpengaruh pada dunia usaha, dan meningkatkan harga energi. Di sinilah pentingnya peran G20 untuk mendorong aksesibilitas dan harga energi yang terjangkau.

“Satu-satunya cara terbaik untuk mengakhiri krisis pangan dan energi adalah bagi Rusia untuk mengakhiri perang yang tidak masuk akal dan untuk menghormati Piagam PBB,” kata dia.

Di Uni Eropa sendiri, sebagai akibat dari perang Rusia-Ukraina pada krisis pangan, ada mobilisasi dana 8 miliar euro untuk mengatasi masalah pangan, terutama untuk negara berkembang.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *