Blogspot vs WordPress – Mana yang Terbaik untuk Membuat Blog?


Dulu kalau bicara soal membuat blog, tentu sangatlah ribet dan hanya bisa dilakukan oleh programmer. Namun di zaman yang makin berkembang ini, kini ada banyak platform blog yang bisa dipilih sehingga siapapun dapat mempunyai blog pribadi. Hanya saja jika disuruh memilih, jelas ada dua platform yang paling populer dan sering dibandingkan yakni Blogspot atau WordPress.

Sebelum membandingkan lebih bagus mana sih antara Blogspot atau WordPress sebagai platform menulis online, Anda tentu harus tahu sekilas soal kedua platform ini. Blogspot yang saat ini disebut sebagai Blogger adalah layanan penerbitan blog yang dikembangkan Pyra Labs dan resmi dibeli Google pada tahun 2003 lalu.

Sementara itu WordPress, merupakan CMS (Content Management System) open-source yang bisa diakses secara gratis. Dikenalkan sejak 27 Mei 2003, platform ini menguasa pasar CMS dunia hingga lebih dari 60%. Ada dua layanan yang ditawarkan yakni WordPress.com dengan hosted gratis dan WordPress.org yang merupakan self-hosted.

Bagi Anda yang tengah mempelajari cara membuat blog dari nol, ada baiknya tahu mana yang lebih unggul antara Blogspot atau WordPress. Seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya!

Kelebihan dan Kekurangan Blogger atau Blogspot

Keunggulan utama yang membuat Blogspot sangat cocok untuk blogger pemula adalah Anda tak perlu repot-repot membayar biaya hosting, alias tempat penyimpanan konten blog. Kenapa? Karena Google sebagai pemilik Blogger, menggratiskan layanan hosting dengan kapasitas maksimal 15GB. Tinggal bikin saja akun Gmail, Anda bisa langsung mengakses Blogger.

Lantaran sudah memperoleh hosting gratis dari Google, Anda tinggal membeli domain saja jika ingin mengubah blog menjadi TLD (Top Level Domain). Untuk bisa menggunakan Blogspot pun tak perlu bingung, karena pengaturannya sangat sederhana yang bahkan membuat Anda bisa memposting artikel dari ponsel.

Terakhir, kelebihan Blogspot adalah sangat mudah dalam hal monetisasi. Lagi-lagi karena merupakan platform Google, Anda bisa memasang AdSense tanpa ribet. Berkat Google pula, pengguna Blogspot sangat diuntungkan oleh performa loading yang lancar dan tentunya keamanan.

Sementara itu dari hal kekurangan, Blogspot sangat lemah dalam hal kustomisasi. Tidak adanya plugin menjadikan konten Blogspot kerap kalah dalam hal SEO. Bahkan absennya fitur maintenance membuat Anda harus paham soal HTML untuk bisa memodifikasi tampilan blog.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Berpindah ke WordPress, tentu keunggulan utama dari CMS ini adalah Anda bisa memiliki kontrol penuh lantaran diwajibkannya menyewa layanan hosting jika menggunakan domain TLD. Namun karena hosting itu pula, kapasitas penyimpanan WordPress bisa benar-benar lega dan luas. Ada ribuan plugin yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten berkualitas.

Editor kepenulisan WordPress yang jauh lebih kompleks daripada Blogspot menjadikan Anda jauh lebih nyaman dan maksimal saat menulis. Belum lagi tampilan dashboard yang lebih profesional dan elegan, membuat WordPress sangatlah cocok bagi pengelola bisnis online.

Namun memang karena dibutuhkan budget lebih untuk membeli domain sekaligus menyewa hosting, budget membuat blog di platform WordPress memang lebih mahal, tapi tentunya kualitas template yang diberikan jauh lebih beragam dan menarik. Jika WordPress memakai layanan hosting berkualitas, jelas performanya bisa saja lebih memuaskan daripada Blogspot.

Nah, bagaimana? Sudah bisa menentukan mana yang bakal dipilih antara Blogspot atau WordPress? Intinya setiap platform jelas punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan budget, lalu tetaplah konsisten dalam menghasilkan konten berkualitas agar sukses jadi blogger profesional.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *