Bisa sampai 12 Juta, Masinis Kereta Dulu Disepelekan Kini Gajinya Enggak Kalah dengan Pilot

Daftar Indodax

Bisa sampai 12 Juta, Masinis Kereta Dulu Disepelekan Kini Gajinya Enggak Kalah dengan Pilot. Pilot dan dokter mungkin jadi pekerjaan impian bagi sebagian orang waktu masih anak-anak. Ya, nggak cuma punya gaji banyak namun juga dihormati banyak, orang membuat profesi itu jadi sangat laku. Namun demikian perlu dilakukan pengorbanan luar biasa, mulai sekolah yang lama dan biaya yang banyak untuk jadi seperti yang diimpikan waktu kecil. Tapi tak mengapa, karena hasil pendapatannya bisa sebanding dengan pengorbanan.

Jarang dilirik, namun ternyata ada profesi yang tak kalah menjanjikan dari dokter dan pilot. Ya, itu adalah masinis yang siap membuat kamu aman di perjalanan kereta api. Namun siapa sangka, penghasilan mereka gak kalah dengan pilot kalau masalah angka. Lalu benarkah hal itu? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Jarang didengar, gaji masinis ternyata lumayan

Mungkin jarang orang tahu, tapi siapa sangka profesi sebagai masinis ternyata diam-diam punya pendapatan yang lumayan. Dilansir dari laman CNBC, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan kalau seorang masinis adalah ‘pahlawan’, karena harus menjamin keselamatan para penumpangnya.

Oleh sebab itu, dengan tanggung jawab yang besar seharusnya juga sebanding dengan pendapatan yang dimiliki. Belum lagi mereka yang dipilih menjadi masinis juga harus memenuhi beberapa kriteria khusus. Beliau mengatakan kalau gaji masinis KAI ternyata bisa sampai Rp10 juta. Namun ada kalanya bisa lebih, pasalnya ada yang dapat THP (Take Home Pay) bisa sampai Rp12 juta per bulan.

Mesti melakukan pendidikan yang ditentukan

Tentunya, tidak semua bisa menjadi masinis sebelum memenuhi kriteria khusus. Gaji dan tanggung jawab yang besar, mewajibkan para calon masinis harus menempuh pendidikan khusus sebelum dinyatakan bisa bertugas. Sebelumnya, mereka harus menyelesaikan pendidikan masinis muda selama 2 tahun lamanya.

Setelah itu, mereka juga harus menjadi asisten masinis selama 6 bulan hingga 1 tahun. Nah, setelah itu barulah para masinis ini akan diangkat sebagai senior, itu pun harus bersertifikat. Pendidikan dan pengalaman, adalah hal yang wajib dimiliki seorang masinis, mengingat memang tanggung jawab yang diemban tidaklah remeh karena menyangkut urusan nyawa.

Ada aturan ketat sebelum melakukan perjalanan kereta

Meskipun punya sertifikat dan telah resmi jadi masinis senior, namun ada aturan wajib yang harus diikuti. Dilansir dari laman Detik, mereka harus melakukan pengecekan kelengkapan surat jalan hingga tes kesehatan. Para masinis ini harus bebas dari alkohol dan narkoba, bahkan mereka dilarang membawa HP ketika sedang menjalankan tugasnya.

Para masinis ini akan bekerja 4-5 jam perjalanan dan tergantung pada hari itu, ada berapa kali keretanya yang dimasinisi akan jalan. Dengan tanggung jawab nyawa yang lebih banyak, tentunya bukan hal yang aneh kalau mereka dibayar tinggi ya. Gimana, minat buat jadi masinis?

Wajah baru PT KAI membuat masinis jadi pujaan

Berbeda dengan zaman dulu, memang kini KAI sudah melakukan perubahan yang signifikan, termasuk dalam rangka menggaji para pekerjanya. Dilansir dari laman Detik, dalam 5 tahun terakhir kenaikan dari gaji para pegawai KAI bisa sampai 300% lebih. Kita ambil contoh masinis, pada tahun 2009 dulu, gaji mereka hanya kisaran Rp2-3 juta per bulannya.

Bandingkan dengan sekarang yang bisa mencapai angka Rp12 juta per bulannya. Upaya ini dilakukan untuk menarik SDM berkualitas untuk jadi bagian KAI dan membuat citranya lebih baik daripada dulu. Usaha itu dirasa cukup sukses kalau melihat respon masyarakat yang positif dengan transportasi yang satu ini.

Tidak ada yang mengira kalau ternyata bekerja sebagai masinis punya gaji yang luar biasa. Namun demikian, hal itu dibarengi dengan tanggung jawab yang tidak bisa dianggap remeh juga. Oleh sebab itu, ketika menekuni profesi ini harus serius dalam menjalankannya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *