Biden Ngamuk, Kutuk Keras Serangan Putin ke Ukraina

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Biden Ngamuk, Kutuk Keras Serangan Putin ke Ukraina. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengecam langkah Rusia yang melaksanakan operasi militer di Ukraina. Biden menyebut langkah yang dilakukan Rusia sebuah tabuhan perang.

“Presiden Rusia Vladimir Putin telah memilih perang yang direncanakan yang akan membawa bencana hilangnya nyawa dan penderitaan manusia. Rusia sendiri yang bertanggung jawab atas kematian dan kehancuran yang akan ditimbulkan oleh serangan ini,” ujar orang nomor satu di AS itu sebagaimana dikutip Kamis, (24/2/2022).

Ia menambahkan bahwa AS bersama sekutunya akan mengambil langkah tegas terkait keputusan ini. Ia menyebut Rusia akan menanggung tanggung jawab yang besar terkait keputusan ini.

“AS dan Sekutu serta mitranya akan merespons dengan cara yang bersatu dan tegas,” paparnya.

“Doa seluruh dunia bersama orang-orang Ukraina malam ini karena mereka menderita serangan yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan oleh pasukan militer Rusia.”

Sebelumnya Putin mengumumkan rencananya untuk melakukan operasi militer di wilayah Donbass. Ia menyebut langkah ini sebagai langkah bantuan untuk milisi pro-Moskow yang sedang dalam ketegangan militer dengan Ukraina.

“Saya telah membuat keputusan operasi militer,” kata Putin dalam pernyataan mengejutkan di televisi sesaat sebelum pukul 6.00 pagi waktu setempat.

Sementara itu, tak lama setelah pengumuman serangan ini, terdengar beberapa ledakan di ibukota Ukraina, Kyiv, dan juga beberapa wilayah lainnya seperti Kharkiv. Koresponden CNN, Matthew Chance, mengatakan pejabat Ukraina menyebut ledakan itu sebagai serangan rudal.

“Invasi telah dimulai. Dan dia mengatakan bahwa apa yang kami dengar, ledakan ini, adalah serangan rudal,” ujarnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *