Biasanya Cuma Jadi Sampah, Daun Ketapang Kering Ternyata Bisa Hasilkan Keuntungan Rupiah

Daftar Indodax

Biasanya Cuma Jadi Sampah, Daun Ketapang Kering Ternyata Bisa Hasilkan Keuntungan Rupiah. Alam menyuguhkan manfaat luar biasa bagi kehidupan umat manusia. Mulai dari hewan sampai tumbuhan yang bisa dikonsumsi atau dijadikan penolong, seperti obat. Salah satunya adalah daun ketapang yang biasa kita jumpai di sekitar kita.

Siapa sangka, tanaman yang biasa hidup di bantaran sungai maupun wilayah perbukitan ini, ternyata bisa dijual dengan harga yang tinggi. Bahkan bisnis daun ketapang kini bisa dibilang cukup menjanjikan, karena keuntungannya yang luar biasa. Lalu, kenapa daun ketapang yang sering dianggap remeh justru bisa mendatangkan keuntungan besar? Simak ulasan berikut untuk tahu lebih lanjut.

Daun ketapang, banyak diekspor ke Jepang

Saat ini, baru negara Jepang yang berminat membeli daun ketapang kering dari Indonesia. Meski baru permulaan, tetapi bisnis daun ketapang kering dinilai cukup menjanjikan. Banyumas, Jawa Tengah, merupakan salah satu kota yang mengekspor daun ketapang. Berhubung masih baru, masyarakat Banyumas masih mengandalkan pohon ketapang yang tumbuh secara alami, artinya belum mulai dibudidayakan.

Siapa sangka, daun kering yang biasa tersapu angin, justru bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Dilansir dari TimesIndonesia, daun ketapang kering yang diekspor ke Jepang bisa mencapai harga Rp1 juta per kilonya. Belum lagi, daun ketapang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis kalau di Indonesia.

Manfaat daun ketapang

Banyak peternak dan penggemar ikan hias memanfaatkan daun ketapang. Setelah dibersihkan, daun ketapang yang telah diolah, diambil manfaatnya untuk membantu menjaga keindahan warna tubuh ikan hias. Tak hanya itu, daun ketapang bisa meminimalisir adanya bakteri dan jamur di dalam air karena daun ini bisa menurunkan PH air.

Daun ketapang juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan manusia, seperti menghindarkan dari berbagai penyakit karena diperkaya dengan kandungan flavonoid. Daun ini juga bisa melindungi sel dalam tubuh manusia dari radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang tinggi. Daun ketapang juga baik untuk ibu hamil karena bisa membantu memaksimalkan pertumbuhan kandungan. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun ketapang yaitu melawan sel kanker, menurunkan diabetes, mencegah hepatitis, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan imun tubuh, dan mengobati radang sendi.

Mengenal daun ketapang kering

Pohon ketapang sangat mudah dijumpai di Indonesia, karena bisa tumbuh di daerah mana saja. Namun biasanya paling banyak bisa dijumpai tidak jauh dari sungai atau pantai. Daun ketapang yang berjatuhan hanya menjadi sampah yang berserakan, karena masih belum banyak orang yang tahu manfaatnya. Padahal daun ketapang bisa diolah dan memberikan banyak manfaatnya.

Warna-warna daun ketapang bervariasi, ada yang berwarna merah, biru dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, daun ketapang kering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pewarna hitam untuk tinta, membuat batik ecoprint yang bercorak flora di Indonesia hingga diekspor untuk kebutuhan obat dan kosmetik. Untuk mendapatkan daun ketapang juga cukup mudah, karena tersebar di sekitar kita, terutama di wilayah pedesaan. Kamu juga bisa membelinya melalui online shop.

Nah jika kamu melihat ada pohon ketapang di sekitarmu, maka rawatlah dengan baik dan budidayakan agar mampu memberikan penghasilan yang tinggi. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika punya lahan kosong, dimanfaatkan untuk budidaya pohon ketapang. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari sektor pertanian. Apakah ada yang tertarik untuk budidaya daun ketapang kering?

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *